Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa

Ewid Nur Anisa, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


The purpose was to describe the practicality, effectiveness and effect size of discovery learning to improve learning motivation and concept mastery on electrolyte and non-electrolyte solution topic. This research was conducted at class X, SMA N 16 Bandar Lampung for 2016/2017 academic year. The poor-experiment research used the one group pretest-posttest design by using technique cluster random sampling, it was obtained sample was the X.8. The data were analyzed descriptively include practicality, effectiveness and effect size. Practicality was evidenced by implementation RPP and student response. Effectiveness was evidenced by teacher's ability, student activities, improvement learning motivation and studentsconcept mastery. The results showed that the practicality and effectiveness had very high criteria and effect size had large criteria. The conclusion was discovery learning had large influence on the improvement of learning motivation and students concept mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektifan dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini telah dilakukan di kelas X, SMAN 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian poor-experiment menggunakan one group pretest-posttest design dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas X.8. Data dianalisis secara deskriptif meliputi: kepraktisan, keefektifan dan ukuran pengaruh. Kepraktisan dibuktikan dari keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Keefektifan dibuktikan dari kemampuan guru, aktivitas siswa, peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: kepraktisan dan keefektifan pembelajaran discovery learning memiliki kriteria sangat tinggi dan ukuran pengaruh yang besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: discovery learning, motivasi belajar, penguasaan konsep.



Full Text:

PDF

References


Abu Jahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4).

Afdila, D., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Penerapan Simayang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1).

Arend, R. I. 2012. Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGrow-Hill.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R. W. 1989. Teori Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima.

Diantini, F. N., Fadiawati, N., & Rudibyani, R. B. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2).

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1).

Djamarah, S. B. & Zain, A. 2006. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EDU SAINS, 4(2).

Fraenkel, J. R., Wallet, N. E. & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGraw-Hill.

Hake, R. R. 2002. Reliatonship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanis with Gender, High School Physics, and Pretest Scoreon Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Diakses 12 Desember 2016.

Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3).

Indrawati. 2016. Modul Guru Pembelajar: Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelompok Kompetensi B. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irwandi, D., & Milama, B. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratorium pada Konsep Sistem Koloid (Penelitian Tindakan Kelas di MAN 12 Jakarta Barat kelas XI).

Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).

McKenney, S., Nieveen, N. & Van den Akker, J. 2002. Computer Support for Curriculum Developers: CASCADE. ETR & D. 50(4): 2535.

Mulyasa, E. 2006. KTSP Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed). London: Kluwer Academic Plubishers.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. 2013. Implementasi Simulasi PhET & Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning & Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD, 2(1).

Reliyana, R., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2014. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2).

Rich, DR. D. 2008. Sukses Untuk Anak-Anak Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Indeks.

Rismayani, N. L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Jurusan Pendidikan PKn, 1(2).

Rusman, T. 2014. Bahan Ajar: Statistik. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Sahrudin, A. 2014. Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Sannah, I. N., Kadaritna, N., & Tania, L. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Discovery Learning pada Materi Teori Atom Bohr. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1).

Santoso, S. 2010. Statistika Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sihaloho, L. M., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2013. Peningkatan Motivasi dan Penguasaan Konsep Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal Pendidikan Kimia. FKIP. Universitas Lampung.

Silberberg, S. M. 2007. Principles Of General Chemistry. New York: Mcgraw-Hill.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukarman, H. 2004. Dasar Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Represenrasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: PPS Universitas Negeri Surabaya.

Supardi, K. I., & Putri, I. R. 2010. Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1).

Syarif, I. 2012. Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Taufiq, A., Mikarsa, H. L., & Prianto, P. L. 2012. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Penyusun. 2005. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tahun 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2013. Pembelajaran Discovery Learning. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penyusun. 2014. Buku Guru: Ilmu Pengetahun Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, N. R. S., Sunyono, & Efkar, T. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Model Mental Menggunakan Model Simayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, discovery learning. 4(1).

Widhiarso, W. 2011. Bab II: Uji Hipotesis Komparatif. (Online) (http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/wp/download/analisis-data/), diakses 20 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.