Hubungan Kemampuan Metakognisi dan Efikasi Diri dengan Penguasaan Konsep Kimia Menggunakan Model SiMaYang

Riya Pebriyani, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the relation between metacognition capability and self-efficacy to students mastery of chemical concepts through SiMaYang type II model. The research subjects were 30 students of the 10th-8 class of Upper Secondary School 16th Bandar Lampung. The research used correlation research with Quite Straighforward design. The result of this research showed that there were correlation between metacognition capability to studentsmastery of chemical concepts, self efficacy to students mastery of chemical concepts, as well as metacognition capability and self efficacy to students mastery of chemical concepts, with r value were 0.66, 0.43, and 0.68, respectively which r value showed that there were positive, strong, and significant correlation between variabels. In addition there was also correlation between metacognition capability to students self efficacy with r value of 0.44, it means that there was positive, moderate, and significant correlation between variabels.

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan hubungan antara kemampuan metakognisi dan efikasi diri terhadap penguasaan konsep kimia siswa melalui metode pembelajaran SiMaYang tipe II. Subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas X8 SMA N 16 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian korelasi dengan desain penelitian Quite Straghforward Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap penguasaan konsep kimia siswa, efikasi diri terhadap penguasaan konsep kimia siswa, serta kemampuan metakognisi dan efikasi diri terhadap penguasaan konsep kimia siswa memiliki nilai r berturut-turut yaitu 0,66, 0,43, dan 0,68, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif, kuat, dan signifikan antar variabel tersebut. Selain itu juga terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap efikasi diri siswa dengan nilai r sebesar 0,44 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif, sedang, dan signifikan.

Kata kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, penguasaan konsep



Full Text:

PDF

References


Aderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. A Revision of Blooms Taxonomy of education Objectives. New York: Addisin Wesley.

Anwar, K., Sunyono, Kadaritna N. 2015. Pembelajaran Model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 3(4): 795-806.

Bandura, A. 1977. Self Efficacy The Exercise of Control : W.H Freeman and Company. New York.

Coutinho, S. A. 2007. The Relationship between Goals, Metacognition, and Academic Success. Research paper. University of Northern Illinois: Amerika Serikat.

Dahar, R.W. 1989. TeoripTeori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Danial, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Fauziah, N., Sunyono, Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II untuk Menumbuhkan Model Mental dan penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 1(4): 172-183.

Fraenkel, J. R., &Norman E. W. 2009. Hoe to design and evaluate research in education. seventh edition. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.

Harahap. D. 2009. Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siwa Dengan Hasil Belajar Kimianya. Padangsidimpuan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.

Hopkins, K. 1992. Affective and Conative Factor as Aptitude Resources in High School Science Achievement. Journal of Educational Assessment. 8(2), 123-137.

Iin, Y dan Bambang. 2012. Korelasi antara Keterampilan Metakognitif dengan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Dawarblandong, Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Eduation. 1(4): 2252-9454.

Izzati, S., Sunyono, Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia, 1 (4): 262-274.

Nuryana, E. dan Sugiarto, B. 2012. Hubungan keterampilan metakognisi dengan hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) kelas x-1 sma negeri 3 sidoarjo. Journal of Chemical Education.1(1), 75-83.

Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistika Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Pujiati, I. N. 2010. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Tesis. Bandung: UPI-Bandung.

Rahman, S dan Phillips, J. A. 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal pendidikan 31, 21-39.

Rumansyah. 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman siswa Terhadap Kosep Persamaan Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. (35).

Sholeha, I. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Problem Solving dalam Meningkatkan Efikasi diri dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Unila.

Sholihah, I. M., Karyanto, P., dan Sugiharto, B. 2012. Kekuatan dan Arah Kemampuan Metakognisi, Kecerdasan Variabel, dan Kecerdasan Interpersonal Hubungan dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(1): 31-39.

Sukmawati N. P., Suarni, N.K., dan Rendra, N. T. 2013. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja. Jurnal Pendidikan PAUD SD. 1: 1-12.

Sunyono, Wiyarya, I. W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. 2009. IdentifikasiMasalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan MIPA. 10(2): 9-18.

Sunyono, L. Yuanita , & M. Ibrahim. 2012. Analisis Keterlaksaan dan Kemenarikan Model Pembelajaran SiMaYang dalam Memmbangun Model Mental Mahasiswa pada Topik Stoikiometri. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 2012. 06 Oktober 2012. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Sunyono, L. Yuanita , & M. Ibrahim. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia DasarMahasiswa. Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.

Sunyono, L. Yuanita, dan M. Ibrahim. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Strukture Concept. Science Education International, 26 (2). 104-125.

Tugiyah. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Unila.

Wang, C.Y. 2007. The role of mental-modeling ability, content knowledge, and mental models in general chemistry students understanding about molecular polarity. Doctoral dissertation. University of Missouri Columbia.

Widiyowati, I. I. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur dengan Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan. 3(4): 99-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.