PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Abstract
This research was aimed to develop interactive e-book and describe its characteristics and validity as well as to describe the teachers and students responses to the product. This research used Borg and Gall method of research and development with only focused on the first five stages. Research data were analyzed using descriptive statistics analysis. The expert validation showed that the average percentage on content suitability aspect was 97.5% with very high criteria, while construction and readability aspects were 71.4% and 77.26% respectively with high criteria. The average percentage of teachers responses on content suitability, construction, and readability aspects were 100%, 92.4%, and 91.4% respectively with very high criteria, while students responses on attractiveness and readability aspects were 80.3% and 80.5% respectively with very high criteria. Based on the results, the product generated by this research was valid and worthy as a source of learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dan mendeskripsikan karakteristik dan validitas e-book interaktif, serta mendesrkispikan tanggapan guru dan siswa mengenai produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang hanya dilakukan sampai lima tahap pertama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kesesuaian isi sebesar 97,5% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan aspek konstruksi dan keterbacaan berturut-turut sebesar 71,4% dan 77,26% dengan kriteria tinggi. Rata-rata persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 100%, 92,4%, dan 91,4% dengan kriteria sangat tinggi, serta rata-rata persentase tanggapan siswa pada aspek kemenarikan dan keterbacaan berturut-turut sebesar 80,3% dan 80,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, produk yang dihasilkan dari penelitian ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: e-book interaktif, ikatan kimia, representasi kimia
Full Text:
PDFReferences
Addiin, I., Ashadi & Masykuri, M. 2016. Analisis Representasi Kimia pada Materi Pokok Hidrolisis Garam dalam Buku Kimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 1 (2): 58-65.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bambang, W.J., Musa A, &Sihaloho, M. 2015. Identifikasi Hirarki Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan, 3(2): 1-11.
Binas, M., Stancel, P. & Michalko, M. 2012. Interactive E-Book as a Supporting Tool for Education Process. International Conference on Emerging e-Learning Technologies and Applications, Departement of Computers and Informatics, Slovakia, November, 8-9th.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Candra, D.N. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Menggunakan E-Book dan Pembelajaran Konvensional Menggunakan Handout pada Mata Pembelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Bangunan, 1 (1): 189-194.
Chandrasegaran, A.L. & Treagust, D.F. 2007. An Evaluation of Teaching Intervention to Promote Students Ability to Use Multiple Levels of Representation When Describing and Explaining Chemical Reactions. Journal of Research in Science Education, 38: 237-248.
Chittleborough, G. & Treagust, D.F. 2007. The Modelling Ability of Non-Major Chemistry Students and Their Understanding of The SubMicroscopic Level. Journal of Chemistry Education Research and Practice, 8 (3): 274-292.
Farida, I. 2009. The Importance of Representational Competence in Chemical Problem Solving Using Interactive Multimedia. Makalah disajikan dalam International Seminar on Science Education, Universitas Indonesia, Jakarta, 17 Oktober.
Fathan, Liliasari, F. & Rohman, I. 2013. Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dengan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1 (1): 76-83.
Ozmen, H. 2008. The Influence of Computer-Assisted Instruction on Students Conceptual Understanding of Chemical Bonding and Attitude Toward Chemistry: A Case for Turkey. Computers and Education Journal, 51: 423-438.
Pratama, D.A. & Rakhmawati, L. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Interaktif pada Mata Pelajaran Elektronika Digital di Jurusan Teknik Elektro Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2 (1): 327-332.
Rahayu, R.P. 2014. Analisis Bahan Ajar Ikatan Kimia pada Buku Teks SMA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS UIN Sunan Gunung Djati.
Restiyowati, I. & Sanjaya, I.G. 2012. Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Jurnal of Chemical Education. 1 (1): 130-135.
Rosida, Fadiawati, N. & Jalmo, T. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (1): 35-45.
Russel, J.W., Kozma, R.B., Jones, T., Wykoff, J., Marx, N., & Davis, J. 1997. Use of Simultaneous Synchronized Macroscopic, Microscopic, and Symbolic Representations to Enhance the Teaching and Learning of Chemical Concepts. Journal of Chemical Education. 74 (3): 330-334.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiarto, B. 2004. Ikatan Kimia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sukmadinata. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutirman. 2013. Media & Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tan, K.D. & Treagust, D.F. 1999. Evaluating Students Understanding of Chemical Bonding. The Association for Science Education, 81 (294): 75-84.
Treagust, D.F., Chittleborough, G. & Mamiala, T. 2010. The Role of Submicroscopic and Symbolic Representations in Chemical Explanations.International Journal of Science Education. 25(11): 1353-1368.
Wahyuliani, Y., Supriadi, U. & Anwar, S. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajar-an Flip Book terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. Indonesian Journal of Islamic Education, 3 (1): 22-36.
Refbacks
- There are currently no refbacks.