Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual pada Pemisahan Campuran

Nadya Putri Aulia, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to enhance conceptual understanding and scientific attitudes on mixtures separation topic. The method used was quasi experiment by using the matching only pretest-posttest control group design. The population of this research was all of seventh grade students in odd semester at SMP N 22 Bandarlampung in the academic year 2016-2017 and it was obtained class VIID and VIIB as the samples by purposive sampling. The effectiveness of scientific approach was determined by enhancement of n-gain value of students conceptual understanding and students scientific attitudes. The results showed that implementation of scientific approach was effective to enhance conceptual understanding and scientific attitudes in the learning of mixtures separation topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMP N 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 dan diperoleh kelas VIIB dan VIID sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas pendekatan saintifik ditentukan dari peningkatan n-gain pemahaman konseptual siswa yang diuji secara statistik dengan uji-t dan peningkatan sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran.

Kata kunci: pemahaman konseptual, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, sikap ilmiah


Full Text:

PDF

References


Anggara, P. N., N. Kadaritna., E. Sofya. 2015. Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(2): 631-643.

Boulmetis, J. 2003. Learning Pyramid. Instructor. 113(3):9.

DeKanter, N. 2005. Gaming Redefines Interactivity for learning. TechTrends: Linking Research & Practice to improve Learning. 49(3):26-31.

Etikasari, M., I. Rosilawati., L. Tania. 2015. Efektivitas Pendekatan Ilmiah Materi Asam Basa Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengorganisasikan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(1): 1-14.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Eduspot Edisi 10 (Maret-Juni), hlm 89.

Fakhiriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(3): 95-101.

Fauziah, R,. A. G. Abdullah., D. L. Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Innovation of Vocational Technology Education. 9(2): 165-178.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H.. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eight Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Gunawi, W., N. Fadiawati, dan T. Efkar. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Sensitivitas Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(2): 1-14.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. Journal Departement of Physic Indiana University.16(7):1-4.

Islam, A. P., dan Farooq, M. 2012. Measurement of Scientific Attitude of Secondary School Students in Pakistan. Academic Research International 2(2): 2223-9553.

Kurniawan, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Cmap-tools dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mempertahankan Retensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1): 17-26.

Leksono, J.W. 2014. Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejujuran (APTEKINDO): 520-525.

Listiyawati, M. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu di SMP. Jurnal of Innovative Science Education,1(1): 61-69.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1): 28-35.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Stanco, G. M. 2012. TIMSS 2011 Results. Diakses di http://nces.ed.gov.

Mustakim. 2015. Implementasi Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Patean Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan. 16 (1): 15-28.

Mutiara, S., Fadiawati, N. Tania, L. 2014. Pendekatan Ilmiah Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Dalam Meningkatkan Keterampilan Fleksibilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(2):1-15.

Ningtyas, F. K., dan Agustini, R. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa untuk Mengases Keterampilan Proses dalam Praktikum Senyawa Polar dan Non Polar Kelas X SMA. Journal of Chemical Education. 3(3): 169-175.

Nuri, G. U., Fadiawati, N., Rudibyani, R. B. 2014. Pendekatan Ilmiah Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Dalam Meningkatkan Keterampilan Elaborasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(1):1-15.

OECD. 2014. PISA Results in Focus. Diakses di http://oecd.org.

OECD. 2016. PISA Results in Focus. Diakses di http://oecd.org.

Osborn, J. 2003. Attitude toward Science: A riview to The Literature and its Implication. International Journal of Science Education. 25(49): 1025-1049.

Purwaningsih, E., Fadiawati , N., dan Kadaritna, N. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Elaborasi. Jurnal Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(1): 1-14.

Putra, A. 2014. Pembelajaran IPA Berbasis Pengamatan Melalui Pendekatan Ilmiah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan. 5(1): 31-40.

Rismalinda, A., Fadiawati, N., Rudibyani, R. B. 2014. Pembelajaran Pendekatan Ilmiah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Kesetimbangan. Jurnal Pendidikan dan Pembeajaran Kimia. 3(1):1-15.

Saputra, H. A., Fadiawati, N., Rudibyani, R. B. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(1):1-15.

Sayekti, I. C. 2015. Peran Pembelajaran IPA di Sekolah dalam Membangun Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers tahun 2015, hal 140-146.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sulistina, O., Dasna. I.W. dan Iskandar, S. M. 2010. Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 17(1):82-88.

Suryaningsih, A., Yani, A., Herman. 2015. Pengaruh Media Presentasi Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 10 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika , 11(3):229-238.

Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemendikbud.

TIMSS dan PIRLS. 2016. TIMSS 2015 Results. Diakses di http://nces.ed.gov.

Ulfah, A. R., Sahputra, dan Rosmawan, R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(10):1-11.

Utami, R. R., Fadiawati, N., Tania, L. 2014. Pendekatan Ilmiah Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Dalam Meningkatkan Kepekaan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(2):1-15.

Wahyuni, E., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Dalam Meningkatkan Keterampilan Fleksibilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(1):1-15.

Widiyatmoko dan Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga Ipa dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1): 51-56.

Widiyatmoko, A., & Nurmasitah, S. 2013. Designing simple technology as a science teaching aids from used materials. Journal of Environmentally Friendly Processes, 1(4), 26-33.

Wijayanti, A. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(2): 102-108.

Wood, E. J. 2004. Problem-Based Learning: Exploiting Knowledge of how People Learn to Promote Effective Learning. Bioscience Education e-journal (BEE-j).3(1):3-13.

Wuri, O.R. dan S. Mulyaningsih. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Materi Kalor terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 3(3): 91-95.

Yunita, R. D., I. Rosilawati., L. Tania. 2015. Efektivitas Pendekatan Ilmiah Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(1): 1-15.

Yunita, W., Cahyono, & Wijayati. 2016. Pengembangan Kit Stoikiometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Scientific Approach. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 63-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.