PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

Meli Astuti, Ratu Betta Rudibyani, Ila Rosilawati

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of LC 5E learning models in improving skills and mastery of concepts conclude on chemical equilibrium material. The population in this study were all students of class XI Science SMAN I Natar Year 2012-2013 semester with classes XI IPA 4 and XI IPA 5 as a sample. This study uses a quasi experimental non equivalent control group design. effectiveness measured studying LC 5E n-Gain increased significantly. The results showed a mean value n-Gain skills classes concluded for the control and experimental respectively 0.35 and 0.71. While the average value of n-Gain mastery of concepts for the control and experimental classes, respectively were 0.31 and 0.41. Based on hypothesis testing, concluded that class with LC 5E learning through skills and mastery of concepts infer higher than conventional classroom learning. This suggests that the LC 5E learning models is more effective in improving skills and mastery of concepts students conclude on  chemical equilibrium material.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kimia.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Natar semester ganjil Tahun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode  kuasi eksperimen dengan Non equivalent control group design. Efektivitas model penbelajaran LC 5E diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing adalah 0,35 dan 0,71. Sedangkan  rerata nilai  n-Gain  penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing adalah 0,31 dan 0,41. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran melalui LC 5E  memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional.   Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 5E  lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Kata kunci : keterampilan menyimpulkan, model learning cycle 5E, penguasaan konsep.

Full Text:

PDF

References


Budimansyah. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Ganesindo. Bandung

Fajaroh, F. dan I W. Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Kurniawati, W. D. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5Fase Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pokok Bahasan Asam Basa. (Skripsi).FKIP Unila. Bandar Lampung. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Widiawati, W. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E dibandingkan Model Pembelajaran Ekspositori pada Materi Pokok Asam, Basa, dan Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang (Skripsi). Desember 2012. http://library.um.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.