Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving

Elsie Tiara Pramesti, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofia

Abstract


This research was conducted to develop student worksheets based on problem solving on electrolyte and non electrolyte solution. This research used the method of research and development (R&D). The research phase begun with design and made the initial draft based on literature studies and field studies with teacher and student respondents. Then carried out the development of student worksheets and validated by an expert. Characteristics of student worksheets that validated include aspects of readability, construction, and suitability content which validation results in the category strongly agree. The next phase was limited trial to find out teacher and student responses from XthIPA 2 SMAN 13 Bandarlampung. Results of teacher and student responses was included in the category strongly agree. The conclusions of this research showed that development result of student worksheets based on problem solving is good to use.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahap penelitian diawali dengan perancangan dan pembuatan draft awal berdasarkan hasil studi pustaka dan studi lapangan dengan responden guru dan siswa. Selanjutnya, dilakukan pengembangan LKS dan divalidasi oleh seorang ahli. Karakteristik LKS yang divalidasi tersebut meliputi aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi materi dengan hasil validasi termasuk dalam kategori sangat setuju. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 13 Bandarlampung terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil tanggapan guru dan siswa terhadap LKS termasuk dalam kategori sangat setuju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pengembangan LKS berbasis problem solving baik untuk digunakan.

Kata kunci: larutan elektrolit dan non elektrolit, LKS, problem solving


Full Text:

PDF

References


Agustina, A. dan Novita, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Video Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Larutan Asam Basa (Development Of Learning Media Experience To Win Chemistry Based On Computer For Orientation Problem Solving At Acid Base Solution. UNESA Journal Of Chemical Education. 1 (1): 19-23.

Amalia. 2011. Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. (Skripsi). Diakses pada pukul 20.32 pm tanggal 30 oktober 2016.

Arafah, S. F., Priyono, B. dan Ridlo, S. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education. 1 (1): 47-53.

Ardli, Imam, Abdullah, A. G. dan Mudjalipah, S. A. 2012. Perangkat Penilaian Kinerja Untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. Innovation of Vocational Technology Education (INVOTEC). 4 (2) : 147-166.

Argelagos, Esther, dan Piffare, M. 2012. Improving Information Problem solving Skills in Secondary Education Through Embedded Instruction. Research Article Computers in Human Behavior. 28 (2) 515-526.

Arikunto, S. 2010. Penilaian Program Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Bunterm, T., Wattanathorn, J., Vangpoomyai, P. dan Muchimapura, S. 2012. Impact of Open Inquiry in Science Education on Working Memory, Saliva Cortisol and Problem Solving Skill. Original Research Article, Procedia - Social and Behavioral Science. 46 (2): 5387-5391.

Celikler, D. dan Aksan, Z. 2012. The Effect of The Use of Worksheets About Aqueous Solution Reaction on Preservice Elementary Science Teachers Academic Sucsess. Procedia Journal of Social and Behavioral Science. ELSEVIER. 46 (2): 4611-4614.

Chinaveh, M. 2013. The Effectiveness of Problem Solving on Coping Skills and Psychological Adjustment. Procedia Journal of Social and Behavioral Science. ELSEVIER. 84 (3): 4-9.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Lembar Kerja Siswa. Jakarta : Depdiknas.

Devita, M. 2016. Pengembangan LKS pada Materi Penurunan titik Beku dan Tekanan Osmotik Larutan Berbasis Model Discovery Learning. (Skripsi) Universitas Lampung : Bandarlampung.

Diniarti, S. H., dan Ismono. 2013. Development Of Student Worksheet With Multiple Representations Oriented By Openended Problem Solving In Chemical Equilibrium Matter. Universitas Negeri Semarang Journal Of Chemical Education. 2(2): 2016-2028.

Djamarah, B.S. dan. Zain, A. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Fauziah, R, Abdullah, A. G. dan Hakim, D. L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Innovation of Vocational Technology Education. 9(2): 165-178.

Fathi, N. M. dan Novita, D. 2014. Development Of Chemistry Worksheet With Problem Solving Orientation In Stoichiometry Matter Of X Grade. Universitas Negeri Semarang Journal Of Chemical Education. 3 (1): 1007-1012.

Gregory, K. W. K. C., Linda, V. V. Alicia, M. C., Ronald, H. S. dan William, L. B. 2012. Cognitive Process Validation Of An Onlline Problem Solving. Journal Of Computers in Human Behavior. ELSEVIER. 18 (6) 669-684.

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist UPI. 1(1): 47-56.

Kartika, M. W. dan Nasrudin, H. 2012. The Development Of Chemistry Worksheet Oriented By Problem Solving In The Reaction Rate Topic For XI Grade Of Pioneering International SHS. UNESA Journal Of Chemical Education. 1 (1): 166-178.

Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P. dan Stanco, G. M. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. Chestnut Hill: JOURNAL TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston Collage.

Nieveen. 2007. An Introduction To Educational Design Research. Proceedings Of The Seminar Conducted At The East China Normal University. Shanghai (PR China). November 23-26, 2007.

Salirawati, D. 2010 Profesionalisme Peneliti dan Pendidik dalam Riset dan Pembelajaran Kimia yang Berkualitas dan Berkarakter. Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter dalam Pendidikan Kimia Masa Depan. Seminar Nasional Kimia 1-12.

Sanah, I. N., Tania, L. dan Kadaritna, N. 2015. Pengembangan LKS Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Teori Atom Bohr. Journal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 4(1): Hal 66-78.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, M. dan Suliyanah. 2012. Pengembangan LKS Berorientasi Problem Solving Pada Materi Kalor di MAN 2 Bojonegoro. Universitas Negeri Surabaya Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 1 (1): 62-74.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Analisis Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan penelitian hibah bersaing tahun pertama. Lembaga penelitian Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud. Jakarta.

Wahyuni, D.E., Rosilawati, I. dan Efkar, T. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Memprediksi. Journal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 2(2): Hal 1-14.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan penyusunan Lembar Kerja Siswa untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Yang, T. C. 2012. Building Virtual Cities, Inspiring Intelligent Citizens; Digital Games For Developing Students Problem Solving And Learning Motivation. Journal Of Computer And Education. ELSEVIER. 59 (2) : 365-377.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.