Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Kemampuan Kognitif

Diara Diara, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This quasi experimental research with 2x2 factorial design was aimed to describe interaction between the use of students worksheets and cognitive ability to students Science Process Skills (SPS); students SPS with high and low cognitive ability. Population on this research were students of grade X in odd semester at SMAN 6 Metro in the academic year 2016/2017, with X.6 and X.7as researchs sample that obtained by purposive sampling technique. Instruments used were students worksheets based SPS and conventional, pretest and posttest questions, and attitude assessment sheets. Data analysis techniques used were two path anova test and t-test. The result of hypothesis test showed that there was no interaction between the use of students worksheets and cognitive ability to students SPS; high and low cognitive ability students SPS that used students worksheets based SPS were higher than conventional students worksheets; and high cognitive ability students SPS were not significantly different with low cognitive ability using students worksheets based SPS.

Penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 ini bertujuan mendeskripsikan interaksi antara penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan kemampuan kognitif terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa; KPS siswa kemampuan kognitif tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan kelas X.6 dan X.7 sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah LKS berbasis KPS dan konvensional, soal pretes dan postes, serta lembar penilaian sikap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua jalur dan uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan LKS dengan kemampuan kognitif terhadap KPS siswa; KPS siswa kemampuan kognitif tinggi dan rendah menggunakan LKS berbasis KPS lebih tinggi daripada LKS konvensional; dan KPS siswa kemampuan kognitif tinggi tidak berbeda signifikan dengan kemampuan kognitif rendah pada penggunaan LKS berbasis KPS.

Kata kunci: hukum-hukum dasar kimia, kemampuan kognitif, KPS, LKS


Full Text:

PDF

References


Akinbobola, A. O., dan F. Afolabi. 2010. Analysis of science process skills in West African senior secondary school certificate physics practical examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5(4): 234-240.

Ambarsari, W., S. Santosa, dan M. Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. 5(1): 81-95.

Anisa, T. M., K. I. Supardi dan S. M. R. Sedyawati. 2014. Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan LKS pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 8(2): 1398-1408.

Arafah, S. F., B. Priyono, dan S. Ridlo. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education. 1(1): 47-53.

Ardhiantari, W. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum-Hukum dasar Kimia. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Chodijah, S., A. Fauzi, dan R. Ratnawulan. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran fisika Model Guided Inquiry Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 1(1): 1-19.

Fadiawati, N., dan C. Diawati. 2011. The Problem-Based Learning Model to Encrease Students Skills Communication, Classification, and Comprehension of Acid-Base Concepts. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA ISBN. pp. 978-979

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74.

Karsli, F., dan Sahin, C. 2009. Developing worksheet based on science process skills: Factors affecting solubility. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching. 10(1): 4-16.

Kuspriyanto, B., dan S. Siagian. 2013. Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(2): 134-258.

Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education. 1(1): 61-69.

Marnita. 2013. Peningkatan Keteram-pilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1): 43-52.

Masithussyifa, R. K. A., M. Ibrahim, dan N. Ducha. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan IPA. 1(1): 7-10.

Mudalara, I. P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA. 2(2): 2-22.

Mulyadi, S., H. Basuki, dan W. Rahardjo. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ningsih, S. M., dan A. Sopyan. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Physics Education Journal. 1(2): 44-52.

Okaviani, E. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum-Hukum dasar Kimia. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

zgelen, S. 2012. Students Science Pocess Skills Within a Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8(4): 283-292.

Parliani, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Petrucci, R. H. 2008. Kimia Dasar Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rohaeti, E., E. Widjajanti, dan R. T. Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan. 10 (1): 1-11

Rokhimawan, M. A. 2016. Pengembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8 (1): 1-12.

Sheeba, M. N. 2013. An Anatomy of Science Process Skills In The Light of the Challenges to Realize Science Instruction Leading to Global Excellence in Education. Educationia Confab. 2(4): 108-123.

Sunarya, Y., M. Siska, dan Kurnia. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1): 69-75.

Ulfah, A., R. Sahputra, dan R. Rasmawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(10): 1-11.

Wardani, S., A. T. Widodo, dan N. E. Priyani. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1): 391-399.

Wasonowati, R. R. T., T. Redjeki, dan S. R. D. Ariani. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3): 66-75.

Widianingtyas, L., Siswoyo., dan Bakri. 2015. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. 1(1): 31-37.

Wuni, N. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 3E Pada Materi Asam-Basa dalam Menganalisis Kemampuan Memberikan Alasan dan Menginterpretasi Suatu Pertanyaan. Skripsi. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Yensy, N. A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Jurnal Exacta. 10(1): 24-35.

Yanustiana, N, P. 2012. Efektivitas Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Materi Pemanasan Global. Doctoral dissertation. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zeidan, A. H., dan M. R. Jayosi. 2015. Science process skills and attitudes toward science among palestinian secondary school students. World journal of Education. 5(1): 13-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.