Pengaruh Scaffolding Pada Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep

Lezy Maidela, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning in improving students concept mastery on electrolyte and non-electrolyte solution topic. This research was applied pretest-posttest control group design and it was conducted in 10th grade at SMAN 5 Bandar Lampung with cluster random sampling technique and it was obtained the 10th MIA-3 class as experiment class and the 10th MIA-4 as control class. The effect of scaffolding strategy was measured by implementation of SiMaYang learning model, implementation of scaffolding, students concept mastery were used difference of two average test and effect size test. The result showed that scaffolding strategy in SiMaYang learning has a big effect in improving students concept mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design yang dilakukan di kelas X di SMAN 5 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dan didapatkan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pengaruh strategi scaffolding ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang, keterlaksanaan scaffolding, dan penguasaan konsep siswa ditentukan dengan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: penguasaan konsep, SiMaYang, strategi scaffolding


Full Text:

PDF

References


Abujahjouh, Y. M. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education. 11 (4): 3-16.

Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1 (4): 248-261.

Agustina, T., Nyeneng, IDP., dan Viyanti. 2013. Pengaruh Scaffolding Pada Aktivitas Belajar Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (5): 13-23.

Amiripour, P., Somayeh A. M., dan Ahmad S. 2012. Scaffolding as Effective Method for Mathematical Learning. Indian Journal of Science and Technology. 5 (9): 3328-3331.

Apriana, A., Maharta, N., dan Abdurrahman, A. 2014. Pengaruh Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Fisika Berbasis Multi-representasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2 (1): 109-121.

Budi, L. C. 2013. Pengaruh Metode Group Investigation (GI) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3): 10-18.

Dimyati dan Mudjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Kependidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey; A Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education. 12 (1): 99-118.

Gusniwati, M. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMA Negeri di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif. 5 (1): 26-41.

Hanifah, N & Rudiana Agustini. 2012. Peningkatan Self-efficacy dan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Pokok Asam Basa Kelas XI SMAN 9 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1): 27-33.

Isnadini, W., Hairida, dan Rasmawan, R. 2014. Pemberian Corrective Feedback Disertai Reward Terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (8): 1-12.

Izzati, S., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1 (4): 262-274.

Johnstone, A. H. 2000. Teaching of Chemistry Logical or Psycological?. Chemistry Education: Research and Practice in Europe. 1 (1): 9-15.

Kurniawati, I. D., Wartono, Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10 (1): 36-46.

Meidayanti, R., Sunyono, dan Tania, L. 2015. Pembelajaran SiMaYang Tipe II Untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3 (4): 949-961.

Mertasari, NMS. 2005. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi dalam Mata Kuliah Kalkulus I dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. 2 (2): 27-42.

Panji, S., dan Haninda, B. 2015. Pembelajaran Matematika Menggunakan Scaffolding Berbasis Team Assisted Individualization (TAI). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Pentimonti, J. M., dan Justice, L. M. 2010. Teachers Use of Scaffolding Strategies During Read Alouds in the Preschool Classroom. Early Childhood Education Journal. 37 (1): 241-248.

Putrizal, I., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. LKS Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1 (4): 235-247.

Sch?nborn, K. J., dan Anderson, T. R. 2009. A Model of Factors Determining Students Ability to Interpret External Representations in Biochemistry. International Journal of Science Education.31 (2): 193-232.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20 (1): 65-75.

Soleha, I., Sunyono, dan Sofia, E. 2015. Perbandingan SiMaYang Tipe II dengan Problem Solving Terhadap Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3 (4): 973-984.

Sopiandi dan Murniati. 2007. Microscopic Level Misconceptions on Topic Acid Base, Salt, Buffer, and Hydrolysis : A Case Study at a State Senior High School. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 27 Oktober 2007.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Susiana, E. 2010. IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 1 (2): 73-82.

Talanquer, V. 2011. Macro, Submicro, and Symbolic: The Many Faces of the Chemistry "Triplet". International Journal of Science Education, 33 (2): 179-195.

Talisna, A. P., Sunyono, dan Tania, L. 2015. Pembelajaran SiMaYang Tipe II Untuk Meningkatkan Metakognisi dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3 (4): 936-948.

Vigotsky, L. 1978. Mind in Society, The Developmental of Higher Psycological Process. Cambridge: Harvard University Press.

Wakhidah, N., Muslimin, I, Rudiana, A. 2017. Improving Learning Outcomes of Ecological Concept Using Scaffolding Strategy on Scientific Approach. International Journal of Education. 9 (1): 19-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.