Pengaruh Strategi Scaffolding pada Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Abstract
The research was aimed to describe the effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning on electrolyte and non-electrolyte solution topics. This research used pretest-posttest control group design with cluster random sampling technique, and it was obtained X MIA 3 as experimental class and X MIA 4 as control class in SMAN 5 Bandar Lampung. The effect of scaffolding strategy was measured by implementation of SiMaYang learning model, implementation of scaffolding, and students science process skills used difference of two average test and effect size test. The result of research showed that scaffolding strategy in SiMaYang learning has a very big effect in improving students science process skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 5 Bandar Lampung. Pengaruh strategi scaffolding ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang, keterlaksanaan scaffolding, dan keterampilan proses sains siswa menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang berpengaruh sangat besar terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci: keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit, SiMaYang, strategi scaffolding
Full Text:
PDFReferences
Abungu, H.E., Okere, M.I.O., & Wachanga, S.M. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4 (6): 359-372.
Abujahjuoh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Afdila,D.,Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolitdan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1 (4): 248-261.
Agustina, T., Nyeneng, IDP., dan Viyanti. 2013. Pengaruh Pemberian Bantuan (Scaffolding) Pada Aktivitas Belajar Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Fisika. 1 (5): 13-23.
Amiripour,P., Somayeh A. M., dan Ahmad S. 2012. Scaffolding as Effective Method for Mathematical Learning. Indian Journal of Science and Technology. 5 (9): 3328-3345.
Cahyono, A. N. 2010. Vygotski Perspective: Proses Scaffolding untuk Mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pem-belajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Chaguna, L.L. & Yango, D.M. 2008. Science Process Skills Proficiency of The Grade VI Pupils in The Elementary Diocesan Schools of Baguio and Benguet. Research Journal. 16 (4): 22-32.
Chairani, Z. 2006. The Effect of Scaffolding on Mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education. 1 (1): 33-52.
Chang, M. and Gilbert, J.K. 2009. Towards a Better Utilization of Diagram in Researc Into the Us of Representative Levels in Chemical Education. Model and Modeling in Science Education., Multiple Representations in Chemical Educations. Springer Science+Business Media B. V. 55-73.
Devetak, I., Erna, D.L., Mojca, J., and Sasa, A. G. 2009. Comparing Slovenian Year 8 and Year 9 Elementary School Pupils Knowladge of Elek-trolyte Chemistry and Their Instrisic Motivation. Chem. Educ. Res. Pract., 10, 281-290.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.
Gasong, D. 2007. Model Pem-belajaran Konstruktivistik sebagai Alternative Mengatasi Masalah Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan. 4 (2): 36-55.
Haruo, O., Hiroki, F., & Manabu, S. 2009. Development of a Lesson Model in Chemistry Through Special Emphasis on Imagination Leading to Creation (SEIC). Chem. Educ. J., 13 (1): 1-6.
Kusuma, M.D. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemandirian Belajar SMA Melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Pendi-dikan dan Pembelajaran Fisika. 1 (2): 23-33.
Mamin, R. 2008. Applying of Scaffolding Study Method on Main Subject of Unsure Periodic System. Chemical Journal, 10 (2): 55-60.
Mulyasa, E.. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda-karya Offset.
Putrizal, I. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model Simayang Tipe II Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Skripsi.: FKIP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Putrizal, I., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. LKS Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Multipel Representasi Meng-gunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1 (4): 118-129.
Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physic Education Journal, 3 (1): 40-46.
Subali, B. 2010. Bias Item Tes Keterampilan Proses Sains Pola Divergen dan Modifikasinya sebagai Tes Kreativitas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2(1): 309-334.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representas
Refbacks
- There are currently no refbacks.