EFEKTIFITAS DISCOVERY LEARNING PADA LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN
Abstract
The goal of this research was describe the effectiveness of discovery learning model to improve skill to classifying and comunnicating on buffer solution topic. This research used quasi experimental method with a non equivalent control group design. Sampling was performed by using purposive technique with all of the 11th grade student in SMA Negeri 1 Bandar Lampung as population. This research used two classes as control and experimental class which they were obtained from XI MIPA1 dan XI MIPA4 at even semester of academic year 2015-2016. The effectiveness of discovery learning was showed by the significant difference of n-Gain between control and experiment classes. The result of hypothesis testing showed that discovery learning model was effective to improve students the skills of classiifying and comunnicating on buffer solution topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA1 dan XI MIPA4 semester genap Tahun Ajaran 2015-2016. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis uji-menunjukkan bahwa model discovery learning pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan keterampilan mengomunikasikan.
Kata kunci: discovery learning, keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengomunikasikan, larutan penyangga
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.