EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING PADA LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENYIMPULKAN
Abstract
The goal of this research was describe the effectiveness of discovery learning model to improve skill to predict and concludes on buffer solution topic. The method of this research was quasi experiment with non equivalent pretest-postest control group design. This research used two classes as control and experimental class which they were obtained from four classes of the 11th grade at SMA Negeri 1 Bandar Lampung for 2015/2016 academic year by using purposive sampling. Learning was said to be effective if there were significant differencess between the n-Gain in the control and experiment class. The result showed that the average n-Gain of skills to predict and concludes in control and experiment class 0.32 and 0.46, respectively. Therefore, it can be inferred that on buffer solution topic used discovery learning model was effective skill to predict and concludes.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan menyimpulkan pada materi larutan penyangga. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen yang diperoleh dari empat kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain keterampilan memprediksi dan menyimpulkan pada kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,32 dan 0,46. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi larutan penyangga menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan menyimpulkan.
Kata kunci: larutan penyanga, discovery learning, keterampilan memprediksi, keterampilan menyimpulkan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.