PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Suci Lestari, Ila Rosilawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research were aimed to describe the validity of assessment instrument of science process skill on the salt hydrolisys topic and to describe responses teachers and to describe the level of difficulty of the questions in the assessments, about the validity item and reliability. This research used R&D method of Borg and Gall which steps start from research and information collecting until main field revision. This product was an instrument categories in the form essay written tests that measure the basic science process skills of students. The validation results were valid instrument developed by the high category in conformity aspects of content, very high category on aspects of construct and readability. And the result of responses teachers indicated that very high on content suitability and readability aspects. The empirical testing showed that this assessment instrument have high level of reliability, modest level of difficulty, and modest validity.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas instrumen asesmen keterampilan proses sains (KPS) pada materi garam hidrolisis, mendeskripsikan tanggapan pendidik, serta mendeskripsikan tingkat kesukaran soal-soal dalam asesmen, validitas butir soal dan reliabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D menurut Borg and Gall dari tahap studi pendahuluan sampai tahap revisi hasil uji coba lapangan awal. Instrumen asesmen ini merupakan instrumen dengan kategori tes tertulis dalam bentuk esai yang mengukur KPS dasar peserta didik. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi memiliki kategori tinggi, pada aspek konstruks dan aspek keterbacaan berkategori sangat tinggi dan dikatakan valid. Tanggapan pendidik pada aspek kesesuaian isi dan keterbacaan menunjukkan kategori sangat tinggi. Uji empiris menunjukkan asesmen memiliki reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal sedang dan validitas butir sedang.

Kata kunci: asesmen, KPS, garam hidrolisis, validitas, reliabilitas


Full Text:

PDF

References


Adiputra, I. B. R. 2012. Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Buatan MGMP IPS Kabupaten Gianyar Kelas VII Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 1 (2): 1-17.

Adisendjaja, Y. H. 2010. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X Di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA. 25-26 Mei 2007. UPI.

Agustin, R. R., Siswaningsih, W., dan Gebi, D. 2013. Pengembangan Tes Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas XI Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pengajaran MIPA. 18 (2): 240-244.

Akinbobola, A. O., dan Afolabi, F. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American Eurasian Journal of Scientific Research. 5 (4): 234-240.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., dan Rahayu, E. S. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Eksresi. Lembar Ilmu Kependidikan. 41 (1), 39-43.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ergul, R., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi S., dan Sanli, M. 2011. The Effects of Inquiry-Based Science Teaching on Elementari School Students Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy. 5 (1) : 48-68.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Majalah Eduspot Unit Data Base dan Publikasi Ilmiah FKIP Unila. Hal 8-9.

Harlen, W. 1999. Purposes and Procedures for Assessing Science Process Skills. Assessment in Education, Principles, Policy & Practice. 6 (1) : 127-144

Irsyad, M., dan Sukaesih, S. 2015. Pengembangan Asesmen Autentik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal. 4 (2) : 898-904.

Iskandar, S. M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. CV. Maulana. Bandung.

Karsli, F., Yaman, F., dan Ayas, A. 2009. Prospective Chemistry Teachers Competency of Evaluation of Chemical Experiments in Terms of Science Process Skills. Proced. Soc. Behav. Sci., 2 (2010) :778-781.

Mulyasa, E. 2009. Analisa Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality, In Alker, Jan Vander, Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Pubhlisher.

Rosidin, U. 2013. Dasar-dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sriyati, S. dan Rahmayanti, E. 2013. Pengembangan Asesmen Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 pada Materi Fotosintesis di SMP. Seminar Nasional XI Pendidikan Bioligi FKIP UNS. 1125-1129.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

TIMSS & PIRLS. 2016. International Results Report. Diakses di http://timss2015.org/timss-2015/ science/student-achievement/. Diakses 16 Desember 2016.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Walters, Y. B., dan Soyibo, K. 2001. An Analysis of High School Students Performance Skill. Research In Sience & Technological Education. 19 (2): 133-148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.