PERBANDINGAN SIMAYANG TIPE-II DENGAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI

Oktari Pradina Anggi, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


The quasi experiment research had been done in SMAN 10 Bandar Lampung for the purpose to compare of SiMaYang type II learning model with Problem Based Learning(PBL)in improving students metacognition ability and self efficacy on topic of electrolyte-non electrolyte. This research used control group pretest-posttest design with the 10th grade-2 and the 10th grade-8 as sample classes which they were obtained by using cluster random sampling. Data research was analyzed descriptively and the results showed that SiMaYang type II learning model has higher value than PBL. It can be concluded that SiMaYang type II learning model is better than PBL in improving students metacognition ability and self efficacy.

Penelitian kuasi eksperimen telah dilakukan di SMAN 10 Bandar Lampung yang bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain control group pretest-posttest dengan kelas X2 dan kelas X8 sebagai kelas sampel yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe II memiliki nilai yang lebih tinggi dari PBL. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe II lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Kata kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, PBL, SiMaYang Tipe II


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.