PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Venny Ferli Yanti, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


The research and development was aimed to develop and describe validity, practicality, and effectiveness of student worksheets based guided inquiry on content salt hydrolysis. Validation gave an assessment to the aspects of construction, readability, suitability of content of worksheets in high category and the worksheets was declared valid. Teacher feedback on aspects of the suitability of the content, readability, the attractiveness of the worksheets were very high categorized; student responses to aspects of legibility and attractiveness was very high categorized; students' response positive of the learning to use the worksheets; and the results of observation by using the worksheets was very high categorized. The worksheets was said practically to the used.


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi garam hidrolisis. Validator memberikan penilaian pada aspek konstruksi, keterbacaan, kesesuaian isi LKS dikatagorikan tinggi dan LKS dinyatakan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, kemenarikan LKS dikategorikan sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dikatagorikan sangat tinggi respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS positif dan hasil observasi pembelajaran menggunakan LKS dikategorikan sangat tinggi. LKS dapat dikatakan praktis untuk digunakan.

Kata kunci : lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, garam hidrolisis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara.

Astuti, W. dan Mulyati. 2013. Pengembangan LKS Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Model Group Investigation Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 3(2), 1-6.

Cuevas, P. Lee, O. Hart, J. & Deaktor, R. 2005. Improving Science Inquiry with Elementary Students of Diverse Background. Journal of Research in Science Teaching. 42(3): 337-357.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Maikristina, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Malang Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pembelajaran Kimia. 6 (1): 98-108

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda karya

Maxwell, N. L. (2005). Problem-based learning and high school macroeconomics: a Comparative study of instructional methods. J. Econ Educ. 36(4), 315 331.

Nieveen. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University. Shanghai (PR China). Novembel 23-26, 2007.

Petrucci, Ralph H. 1987. Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Prasetyo, W. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. Mathedunesa Journal. 1(1), 1-8.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Trianto. 2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wahyuningsih, F. 2014. Pengembangan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk Sma/Ma. Jurnal Paedagogia. 17 (1). 94-103

Wati, R. 2015. Pengembangan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Pembelajaran Fluida Statis Di SMAN 1 Kota agung. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3 (2). 99-109

Widjajanti, E. 2010. Penilaian Lembar Kerja Siswa Materi Konsep Atom, Ion Dan Molekul. Makalah disajikan pada Kegiatan Pelatihan Penilaian Lembar Kerja Siswa Bagi Guru Mata Pelajaran Kimia. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/system/files /pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf. diakses 14 Oktober 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.