EFEKTIVITAS MODEL POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ELABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Ni Wayan Novita Sari, Ratu Betta Rudibyani, Nina Kadaritna

Abstract


The objective of this research was to find out the effectiveness of POE Model on buffer solution material in increasing students elaboration thinking ability. The research method was using quasi experiment with the non equivalent (pretest-posttest) control group design. By using purposive sampling technique, the samples of this research were the second grade science 1 and the second grade science 4 of SMA Negeri 15 Bandar Lampung in academic year 2015/2016. The result of the data showed that the score average n-Gain of experiment class was 0.64 and the control class was 0.28. Based on the average n-Gain of experiment and control class, it can be concluded that POE model was effective in increasing students elaboration thinking ability towards buffer solution material.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POE dalam meningkatkan kemampuan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen tipe non equivalent (pretest-posttest) control group design. Dengan menggunakan purposive sampling, kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 terpilih sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen yaitu 0,64 dan kelas kontrol yaitu 0,28. Berdasarkan rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa model POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan penyangga.

Kata kunci: berpikir elaborasi, efektivitas, POE


Full Text:

PDF

References


Agustina, P., N. Fadiawati., C. Diawati., dan N. Kadaritna. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran POE pada Materi Termokimia dalam Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung, 2 (2)

Anisa, D. N., M. Masykuri., dan S. Yamtinah., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam, Basa Dan Garam Kelas Vii Semester 1 Smp N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 2 (2).

Creswell, J.W. 2007. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. Sage Publications. New Delhi.

Giriyanti, N. W., Fadiawati., C. Diawati., dan N. Kadaritna. 2013. Efektifitas Model Pembelajaran Predict-observe-explain pada Materi Laju Reaksi dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung, 2 (2)

Hake, R. 2002. Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High-School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. [Online]. Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~hake/. [15 Januari 2016]

Indrawati dan Wawan S. 2009. Pembelajaran Aktif Kreatif Efektiv dan Menyenangkan. Pusat Pengem-bangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Liew, C. W. dan Treagust, D. F. (1998). A predictobserveexplain teaching sequence for learning about understanding of heat and expansion of liquids.Australian Science Teachers Journal, 41(1)

Kala, Y., Yaman, F., dan Ayas, A. 2013. The Effectiveness of PredictObserveExplain Technique In Probing Students Understanding About AcidBase Chemistry: A Case For The Concepts Of Ph, Poh, And Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, 11 (3)

Karamustafao?lu, S dan Mamlok-Naaman, R. 2015. Understanding Electrochemistry Concepts using the Predict-ObserveExplain Strategy. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5)

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta.

Mursalin. 2014. Meminimalkan Miskonsepsi Pada Materi Rangkaian Listrik dengan Pembelajaran Predict-Observe-Explain. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (2)

Prasetyo, A.D. dan L. Mubarokah. 2014. Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matema-tika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1)

Treagust, D. F., Mthembu, Z., dan Chandrasegaran, A.L. 2014. Evaluation of the Predict-Observe-Explain Instructional Strategy to Enhance Students Understanding of Redox Reactions. Chandrasegaran Science and Mathematics Education Centre, 1 (1)

Wati, D. A., N. Fadiawati., dan L. Tania., 2014. Pembelajaran Kese-timbangan Kimia Menggunakan Model Discovery Learning dalam Me-ningkatkan Keterampilan Elaborasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung, 3 (3)

Wibowo, A. I. S., R. B. Rudibyani., dan T. Efkar., 2014. Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Elaborasi Pada Larutan Elektrolit Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung, 3 (3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.