EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of problem solving in increasing question focus ability in electrolyte-nonelectrolyte solution. The population this research was 440 students from all the MIA of the 10th grade in SMA Negeri 1 Natar for 2014/2015 academic year, with the MIA2and the MIA3 of the 10th grade as the research class. The sample of the research was taken by using cluster random technique. Quasi experiment method using non equivalent control group used as research design. The result showd that the learning with problem solving is effective in increase question focus ability in electrolyte non-electrolyte.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas problem solving dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan pada larutan elektrolit non-elektrolit. Populasi penelitian sebanyak 440 siswa dari seluruh kelas X MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014-2015 dengan kelas X MIA2 dan X MIA3 sebagai kelas penelitian. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode kuasi eksperimen menggunakan non equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran denganproblem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan pada larutan elektrolit non-elektrolit.
Kata kunci: Model problem solving, kemampuan memfokuskan pertanyaan, larutan elektrolit non-elektrolit.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Lodon: Sage Publications.
Djamarah, B.S. dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. Critical Thingking Framework for Any Discipline. Inter. J. Teach. Learn. Higher Educ., 17(2): 160-166.
Ennis. R. H. 1996. Critical Thingking. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Hake R. R. 2002. Interactive Engagement Methods in Introducary Mechanics Courses, [online]. Tersedia: http://pysics.indiana.edu/~sdi/-IEM-2b.pdf, [11 Maret 2015].
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Saputra, H.A. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. (tidak diterbitkan) Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sudibyo, B. 2006. Sosialisasi Menteri Pendidikan Nasional, Republik Indonesia. Yogyakarta: Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryani, L. A. 2012. Memahami Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutiarso, S. 2011. Statistika Pendidikan dan Pengolahannya dengan SPSS. Bandar Lampung: AURA.
Thompson, C. 2011. Critical Thingking Across The Curiculum: Process Over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1 (9): 1-7.
Tim Penyusun 2006. Panduan Penyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.