EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES MATERI ELEKTROLIT/ NON-ELEKTROLIT

Yeni Afifah, Ratu Beta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness of POE learning model in improving the ability of flexibility thinking on electrolyte and non-electrolyte solution topics in X class of SMA Kosgoro Bandar Sribawono. The quasi exspeiment was used as research methode and purposive technique used for choosing sample. This research sample was X1 as experimental class and X2 as the control class. The effectiveness of POE learning model was showed by the significant difference for average n-Gain of flexible thinking ability between the experiment and control class. Average n-Gain for the control class was 0,44 and experiment class was 0,56. This effectiveness was also supported by the practicality and effectivity test of POE learning models that showed very high criteria. Therefore, POE learning model is effective in improving the flexibility thinking ability on electrolyte and non electrolyte solution topic.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan kemampuan bepikir luwes siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas X SMA Kosgoro Bandar Sribawono. Kuasi eksperimen digunakan sebagai metode penelitian dan purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel. Kelas sampelnya adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Efektivitas dalam pembelajaran ini ditunjukkan oleh perbedaan n-gain rata-rata kemampuan berpikir luwes yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas kontrol sebesar 0,44 dan eksperimen sebersar 0,56. Keefektifan juga didukung oleh uji kepraktisan dan keefektifan model POE yang ditunjukkan dengan kriteria sangat tinggi. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran POE dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.


Kata kunci:efektivitas, kemampuan berpikir luwes, model pembelajaran POE.


Full Text:

PDF

References


Anisa, D. N., Masykuri, M., S. Yamtinah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Expalain) Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret Vol 2 No. 2

Awang, H. dan Ramly, I. 2008. Crearive Thinking Approach Trough Problem Based Learning: Pedagogy And Practice in The Engineering Clasroom. International Journal Of Human And Social Science 3:1.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Cinici, A. dan Demir, Y. 2013. Teaching Through Cooperative POE Tasks: A Path To Conceptual Change. A Journal Of Educational Strategies, Issus and Ideas. 86 (1): 110-124.

Hilario, J.S. 2015. The Use Of Predict-Observe-Explain-Explore (POEE) As A New Teaching Strategy In General Chemistry Laboratory International Journal Of Education and Research Vol 3 No 2.

Indriana, V., Arsyad, N., dan Mulbar, U. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Jurnal, 3 (1): 51-62

Kala, N., Yaman, F., & Ayas A. 2012. The Effectiveness of PredictObserveExplain Technique in Probing Students Understanding About AcidBase Chemistry: a case for the concepts of pH, pOH, and strength. Inte-national Journal of Science and Mathematics Education 2012. National Science Council.

Karanustafaoglu, S. dan Naam, R.M. 2015. Understanding Electrochemistry Concept Using The Predict-Observe-Expalin Strategy. Eurasia Journal, Science Technology Education 11(5) : 923-936.

Mergendoller, J R., Maxwell, N.L., and Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem - Based-Intruction : A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiscriplinary Journal of Problem Based Learning. 1(2): 1-69.

Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In Alker, Jan Vander, Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher. Dordrecht.

Nurjanah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan Penguasan Konsep Tekanan dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Puriyandari, D., Saputro, A.N.C., dan Masykuri, M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, and Expalain (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMAN Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3 (1): 34-46.

Restami, M.P., Suma, K., dan Pujani, M. 2013 . Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3 (1): 35-47.

Liew, C. & Treagust, D.F. 1995. A predict-observe-explain teaching sequence for learning about students understanding of heat and expansion of liquids. Australian Science Teachers Journal, 41(1): 68-71.

Sari, Diana Eka. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Siddiq, D. A. 2012. Efektivitas Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Suyanto, Y.P., Susanto, H., Linuwih, S. 2012. Efektifitas Penggunaan Strategi Predict, Observe, and Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP.

___________. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widyaningrum, R., Sarwanto, Karyanto, P. 2013. Pengembangan Modul Berorientasi POE ( Predict-Observe-Expalin). Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencenaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal FKIP UNS, 6 (1): 80-93.

Yuenyong, C. dan Thathong, K. 2015. Physics Teachers Constructing Knowledge Base For Physics Teaching regarding Constructivism in thai Contexts. MediterraneanJournal Of social Science, 6 (2): 210-224.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.