PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Viviani Nurmala, Sunyono Sunyono, Lisa Tania

Abstract


The aims of this research were to describe the effectiveness and practicality of SiMaYang Type II learning model in improving metacognition ability and critical thinking skills on topic of electrolyte and non-electrolyte solutions. One group pretest-posttest design was used in this research. The samples on this research were first year secondary students (X6 and X8classes) in SMAN 8 Bandar Lampung that was obtained by cluster random sampling. This study used descriptive analysis. The results showed that the effectiveness of SiMaYang type II were on high criteria and its practicality were on very high criteria in improving metacognition ability and critical thinking skills.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektivan dan kepraktisan SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Desain One Group Pretest-Posttest digunakan pada penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa tahun pertama (kelas X6 dan X8) SMAN 8 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas model SiMaYang Tipe II dengan kriteria tinggi dan kepraktisan berkriteria sangat tinggi untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis.

Kata kunci: berpikir kritis, efektivitas, metakognisi, kepraktisan, SiMaYang Tipe II


Full Text:

PDF

References


Afdila, D., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 248-261.

Ennis, R. H. 1989. Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Journal Education, 18 (3): 4-10.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: Mc-Grow Hill.

Gani, T., Auliah, A., & Faika, S. 2011. Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (12): 1-9.

Heong, Y.M., Othman,W.D., Yunos, Kiong, J., Hassan & Mohamad, M.M. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 1(2):121-125.

Hollingworth, R. W. & Mcloughlin, C. 2001. Developing Science Students Metacognitive Problem Solving Skills. Journal of Educational Technology Australian, 17 (1): 377-379.

Kawuwung, F. 2011. Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMP Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal El-hayah, 1 (4): 78-82.

Luthvitasari, N., Ngurah, M.D.P., & Linuwih, S. 2012. Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemahiran Genetik Sains. Journal of Innivative Science Education, 2012 1(1): 92-97.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1): 28-35.

Ningsih, S.M., Bambang, S., & Sopyan, A. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, 1 (2): 44-52.

OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). 2013. PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: matemathics, reading, science, problem solving, and financial literacy. (Online). (http://www.keepeek.com/Digital-AssetManagement/oecd/education/pisa-2012-assessment-and-analytical-framework_9789264190511-en.). Diakses pada 2 Desember 2015.

Putrizal, I., Sunyono, & Efkar, T. 2015. LKS Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 236-247.

Schraw, G. & Dennison, R. 1994. Assessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 19 (4): 460-475.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015a. Mental Models of Students on Stoichiometry Concept in Learning by Method Based on Multiple Representation. The Online Journal of New Horizons in Education, 5 (2): 30-45.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015b. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2): 104-125.

Suryati. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran LC Dipadu Diagram Alir terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar dan Kemampuan Metakognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (1): 1-13.

Taber, K.S. 2013. Three Level of Chemistry Educational Research. Chemistry Educational Research Practical, 14 (5): 151-155.

Talanquer, V. 2011. Macro, Sub-micro, and Symbolic: The Many Faces of the Chemistry "Triplet". International Journal of Science Education, 33 (2): 179-195.

Yensy, N.A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 10 (1): 24-35.

Zakiyah, N., Hidayati, F.R.N., & Setiawan, I. 2010. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMPN 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2): 156-167.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.