PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI MELALUI LEARNING CYCLE 5E

Esti Nunggal Sari, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


The aim of this research is to know effectiveness of the model 5E learning cycle (LC5E) in enhancing inferring skill and mastery of concepts in reaction rate material. Populations were all students of Grade XI science in MAN in Central Lampung academic year 2012-2013. The samples were 34 students in classroom XI science one and 34 students in classroom XI science two that have equal academic abilities. This was a quasi experiment research using non equivalent control group design.  Effectiveness  LC5E  model was measured based on significant gain enhancement.  The result showed that average values of  N-gain of inferring skill in experiment and control classrooms were 0.67 and 0.44 respectively and average values of  N-gain for mastery of concepts in experiment and control classrooms were 0.58 and 0.46 respectively. The hypothesis result test showed that classroom that used LC5E  model had higher skill in inferring and mastery of concepts than with conventional learning model.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model learning cycle 5E ( LC 5E) dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Poncowati  tahun pelajaran 2012/2013.  Sampel terdiri dari 34 siswa kelas XI Ipa 1 dan 34 siswa XI Ipa 2 yang mempunyai kemampuan yang sama.  Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design.  Efektivitas mo­del LC 5E ditunjukkan dengan adanya peningkatan yang signifikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,44 dan rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,58 dan 0,46.  Dengan demikian didapat bahwa keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi yang diterapkan model LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.

Kata kunci : keterampilan inferensi, model pembelajaran LC5E, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arends, R.I. 2008. Learning To Teach. Edisi VII. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fajaroh dan Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning

cycle). Universitas Negeri malang. Malang.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.