PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI MELALUI LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model learning cycle 5E ( LC 5E) dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Poncowati tahun pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 34 siswa kelas XI Ipa 1 dan 34 siswa XI Ipa 2 yang mempunyai kemampuan yang sama. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model LC 5E ditunjukkan dengan adanya peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,44 dan rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,58 dan 0,46. Dengan demikian didapat bahwa keterampilan inferensi dan penguasaan konsep laju reaksi yang diterapkan model LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci : keterampilan inferensi, model pembelajaran LC5E, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Arends, R.I. 2008. Learning To Teach. Edisi VII. Pustaka pelajar. Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Fajaroh dan Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning
cycle). Universitas Negeri malang. Malang.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.