EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN PADA ASAM BASA
Abstract
The quasi experimental research which use non equivalent pretest-posstest control group design was conducted on the 11th grade of IPA5 and IPA6 of SMAN 1 Natar for 2014/2015 academic year. The aim of this research was to describe the effectiveness of Problem Solving learning model to improve classification and inference skills on acid-base topic. The results showed that the mean of n-Gain of classification skill in experiment and control classes were 0.46 and 0.31, respectively, and the mean of n-Gain of inference skill in experiment and control classes were 0.44 and 0.32, respectively. Based on it, statistically the mean of n-Gain on classification and inference skills in experiment and control classes were different signifation. It can be inferred that problem Solving learning model was effective to improve classification and inference skills on acid-base topic.
Penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-postest control group design telah dilaksanakan di kelas XI IPA5 dan XI IPA6 SMAN 1 Natar Tahun Akademik 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan pada materi asam basa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 0,46 dan 0,31, serta rerata n-Gain keterampilan menyimpulkan pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 0,44 dan 0,32. Berdasarkan hal tersebut, secara statistik rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan di kelas eksperimen dan kontrol berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan.
Kata kunci: keterampilan mengelompokkan, keterampilan menyimpulkan, problem solving.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Y. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Koloid. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung. Tidak diterbitkan.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahar, R.W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Dimyati dan Moedjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : . Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Dirdjosoemarto. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : FPMIPA UPI dan JICAIMSTEP.
Esler, WK. and Esler, M.K. 1996. California : Reading Elementary Science.
Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Menyeimbangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Majalah Eduspot Unit data Base dan Publikasi Ilmiah FKIP Unila, hal 8-9.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Hake R. R. 2002. Interactive Engagement Methods in Introducary Mechanics Courses, [online]. Tersedia:http://pysics.indiana.edu/sdi/IEM-2b.pdf, [11 Maret 2015]
Hartono. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh SI PGSD Universitas Sriwijaya. Bandung : Seminar Proceeding of The International Seminar of Science Education, 27 Oktober 2007.
Herlen, W. 1999. Purpose and Procedures for Assessing Science Process Skills Assess Educ. GU) : 129-144.
Mahmudin. 2010. Komponen Penilaian KPS [online]. Tersedia: http://mahmudin.wordpress.com/-2010/10/komponen-penilaian-k-p-s/-tembok.html. diakses [9 juli 2010]
Muchtaridi dan Sandri Justiana. 2006. Kimia 2 SMA Kelas XI. Jakarta : Yudistira.
Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah. Bandung : UPI-Bandung.
Nur, M. 2002. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya : SIC.
Saputra, R. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Laju Reaksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Menjawab Pertanyaan. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung. Tidak diterbitkan
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung : PT. Tarsito
Tim Penyusun. 2004. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Tim Penyusun. 2008. Rambu-Rambu Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB). Jakarta : Depdiknas.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.