EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING MATERI ASAM-BASA-GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN KOMUNIKASI

Galih Wahyu Pratama, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


The research which used quasi experiment method with non equivalent pretest-postest control group design had been done at SMP N 1 Sekampung. The goal of this research was to describe the effectiveness of guided inquiry learning to improve classification and communication skills on acid-base and salt topic. The data on this research were collected from two classes which were obtained by using purposive sampling. The result showed that the n-Gain mean of classification and communication skills for experiment class were 0.52 and 0.65, respectively and for control class were 0.42 and 0.43, respectively. Because of the n-Gain mean for experiment and control classes were different significantly and based on hypotheses testing statistically, it can be inferred that the guided inquiry learning was effective to improve classification and communication skills.


Penelitian yang menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-postest control group telah dilaksanakan di SMP N 1 Sekampung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan mengklasifikasikan dan mengomunikasikan pada materi asam-basa dan garam. Data penelitian dikumpulkan dari dua kelas yang mana kelas tersebut diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata n-Gain keterampilan mengklasifikasikan dan mengomunikasikan untuk kelas eksperimen masing-masing sebesar 0.52 dan 0.65 serta untuk kelas kontrol masing-masing 0.42 dan 0.43. dikarenakan rerata n-Gain tersebut untuk kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan serta berdasarkan pengujian hipotesis secara statistik dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengklasifikasikan dan mengomunikasikan.

Kata kunci: asam-basa-garam, inkuiri terbimbing, keterampilanklasifikasi, keterampilan komunikasi


Full Text:

PDF

References


Afriyanti, R. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Pencapaian Kompetensi. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: FKIP Unila

Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Cohen, Louis. 2007. Research Methods in Education. Francis: Routledge.

Efendi, D. A. 2012. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam-Basa Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Pencapaian Kompetensi Siswa. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Fadiawati, N, 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. (tidak diterbitkan). Bandung: SPs-UPI Bandung.

Hake R. R. 2002. Interactive Engagement Methods in Introducary Mechanics Courses, [online]. Tersedia:http://pysics.indiana.edu/sdi/IEM-2b.pdf, [11 Maret 2015]

Hartono. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh SI PGSD Universitas Sriwijaya. Seminar Proseeding of The International Seminar of Science Education, 27 Oktober 2007. Bandung.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Inkuiri, [online]. Tersedia :http://herfis.blogspot.-com/2009/07/ pembelajaraninkuiri.html, [10 Desember 2011]

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito. Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Tim Action Research Buletin Pelangi Pendidikan. 1999. Proses Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.