PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X ANTARA MENGGUNAKAN POST-TEST
Abstract
This research aimed to know a comparison of students’ learning achievement between the class with post-test and non post-test. This research is done in SMA N 1 Rumbia. The method of this research is quasi-experimental research. In this research, independent variable is post test and dependent variable is learning achievement. The data was obtained by t-test used SPSS 17.0. The result of research shows that the comparison of students’ average score in the class which apply post-test is higher than non post-test.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara kelas yang menggunakan post-test dan kelas yang tidak menggunakan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Rumbia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimental-Semu. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebasnya adalah post test sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar. Data pada penelitian ini diperoleh dengan uji-t menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan prestasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan post-test lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan post-test.
Kata kunci: perbandingan, post-test, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Suharsimi, Arikunto. 2004. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sumadi, Suryabrata. 1983. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rajawali Pers
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v2i1.4646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING