PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X ANTARA MENGGUNAKAN POST-TEST

Martini Martini, Yarmaidi Yarmaidi, Rosana Rosana

Abstract


This research aimed to know a comparison of students’ learning achievement between the class with post-test and non post-test. This research is done in SMA N 1  Rumbia. The method of  this research is quasi-experimental research. In this research, independent variable is post test and dependent variable is learning achievement. The data was obtained by t-test used SPSS 17.0. The result of research shows that the comparison of students’ average score in the class which apply post-test is higher than non post-test.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara kelas yang menggunakan post-test dan kelas yang tidak menggunakan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Rumbia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimental-Semu. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebasnya adalah post test sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar. Data pada penelitian ini diperoleh dengan uji-t menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan prestasi belajar siswa pada  kelas yang menggunakan post-test lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan post-test.

Kata kunci: perbandingan, post-test, prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Suharsimi, Arikunto. 2004. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sumadi, Suryabrata. 1983. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rajawali Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v2i1.4646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR