PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERILAKU PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 SAMARINDA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA BANJIR

Novi Setiyani, Rahmadi Rahmadi, Yulian Widya Saputra

Abstract


Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Kota Samarinda. Pengetahuan dan perilaku peserta didik yang dimiliki merupakan salah satu kunci utama dari konsep kesiapsiagaan dalam bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Samarinda tentang bencana banjir, serta untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Samarinda terhadap kesiapsiagaan bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan jumlah sampel sebesar 30% dari populasi yaitu 213 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan dan perilaku peserta didik dalam menanggapi bencana banjir, observasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa uji coba instrumen penelitian, uji prasyarat analisis, analisis linear berganda, analisis pengetahuan dan perilaku, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan tentang banjir yang di miliki peserta didik SMA Negeri 4 Samarinda termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 54% yang mencakup ilmu pembelajaran, umur, factor lingkungan, dan informasi. Hasil perilaku peserta didik dalam menghadapi bencana banjir termasuk kedalam kriteria sangat tinggi dengan nilai rata-rata 49% yang meliputi tingkatan menerima, merespon, menghargai, dan bertanggung jawab. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebagai pengukur besarnya pengaruh pengetahuan (X1) dan perilaku (X2) terhadap variabel terikat, yaitu terhadap variabel kesiapsiagaan (Y) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,689 maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan perilaku mempunyai pengaruh sebesar 68.9% terhadap variabel kesiapsiagaan

 

 

Kata Kunci: Pengaruh, Pengetahuan, Perilaku, Kesiapsiagaan, Bencana Banjir

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v11.i1.26585


Full Text:

Pdf

References


Buku

Anies. (2018). Manajemen Bencana, Solusi untuk Mencegah dan Mengelola Bencana. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Anwar, S. (2014). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Irmayani, N. R. (2019). Pemetaan Sosial Menuju Desa Berketahanan Sosial melalui Penyuluh Sosial Masyarakat sebagai Agen Perubahan. Jakarta Timur: PUSLIBANGKESOS KEMENTRIAN SOSIAL RI.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan ke). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (1st-2nd edition) (1st-2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Artikel dalam Jurnal

Afriani, R., Komariyah, L., & Saputra, Y. W. (2020). Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Sempadan DAS Karang Mumus. Jurnal Penelitian Geografi, 8(1), 70–79.

Aji, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Andestian, Y., Sujatmoko, B., & Rinaldi. (2016). Penyusunan Peta Indeks Resiko Banjir dengan Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG). Jom FAKULTAS TEKNIK, 3(1), 1–10.

Anggraeni, F. (2016). Estimasi Kerugian Ekonomi Akibat Banjir Pasang Laut (Rob) di Muara Angke, Jakarta Utara..

Aprilin, H., Haksama, S., & Makhfludi. (2018). Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Potensi Bencana Banjir di SDN Gebangmalang Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Jurnal Biosains Pascasarjana, 20(2), 135.

Findayani, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Penanggulangan. Bencana di Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Firmansyah, I. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor Pada Remaja Usia 15-18 Tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Universitas Jember.

Habibah. (2011). Kajian Model Long and Short- Term Runoff (LST) dan Implmentasi Untuk Menghitung Debit Banjir. Jurnal CAUCHY, 1(4), 187–191.

Harahap, M. E., Lufti, M., & Muthalib, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir di Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 1(1).

Marsiatun. (2016). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Melalui Media Poster Bagi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Oktavianti, N., & Fitriani, D. R. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Remaja dalam Menghadapi Banjir di Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 909–914.

Purwoko, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resiko Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Remaja Usia 15-18 Tahun Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Rosyida, F., & Adi, K. R. (2017). Studi Eksplorasi Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir di SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori Dan Praktis Pembelajaran IPS, 2(1), 1–5.

Santry, L. (2016). Analisis Penilaian Tingkat Bahaya dan Kerentanan Bencana Banjir Terhadap Wilayah Kota Yogyakarta (Studi Kasus: Penilaian Tingkat Bahaya dan Kerentanan Banjir di Kecamatan Umbulharjo). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sari, D. I., & Husna, C. (2017). Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Masyarakat Daerah Risiko Tinggi dan Risiko Rendah Banjir. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sasikome, J. R. (2015). Pengaruh Penyuluhan Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Siswa SMP Katolik Soegiyo Pranoto Manado Menghadapi Banjir. 3.

Setiawan, H. (2020). Analisis Penyebab Banjir di Kota Samarinda. Jurnal Geografi Gea, 20(1), 39–43.

Setyowati, D. L. (2017). Pendidikan Kebencanaan. Semarang: Sanggar Krida Aditama.

Sitanggang, N., & Saragih, A. H. (2013). Studi Karakteristik Siswa SLTA di Kota Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan., 6(2), 185–196.

Susanti, D. S. (2019). Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV IRDH. Malang: CV IRDH.

Tedi, P. S. M. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV Ria Busana. Jurnal Ekonomedia, 09(02). Retrieved from www.stiepasim.ac.id

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. (2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v11i1.26585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR