PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Nur Khalimah, Yarmaidi Yarmaidi, Rosana Rosana

Abstract


This research is intended to find The students’ achievement of creative teaching higher than conventional teaching’. The method used in this research was Quasy Experiment by using Non Equivalent Control Group desain. Experimen class and control class was taken by using random technique, selected class VIIB and VIIC SMPN 4 Natar and class VIIB is eksperimen class, class VIIC is control class . Data collecting tools were used by  documentasion, and test pretest dan postest. and the used to process the research data was SPSS version 17 The result of this research showed students’ achievement of creative teaching higher than conventional teaching’.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif dengan pembelajaran konvensional. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalen control grup desain. kelas eksperimen dan kontrol dipilih  secara acak, dan terpilih kelas VIIB dan VIIC SMPN 4 Natar, dengan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol.Pengelolahan data penelitian menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif  lebih tinggi dari pembelajaran konvensional.

Kata kunci : hasil belajar siswa, meningkatkan, pembelajaran kreatif.


| Abstract views: 404 | PDF views: 158

Full Text:

PDF

References


Depoter Bobbi dan Hernacki Mike, 2011. Quantum Learning. Jakarta : KAIFA.

Djamarah Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:Rineka Cipta .

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v1i3.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR