PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU GEOGRAFI BERDASARKAN STANDAR PROSES

Lisa Retno Sari, Pargito Pargito, Sugeng Widodo

Abstract


The purposes of this research are to know the (1) the ability of planning lesson, (2) the ability of implementing lesson, (3) the assessment of learning result of the geography teacher based on standard process in  public and private senior high school in the Metro City school year 2012-2013. The method used in this research is descriptive method, and the population is the whole of geography teacher at Public and private senior high school in the Metro City of 25 teachers. The instruments of data collection are questionnaire and documentation. Technique of data analysis used independent sample T test. The results of this research indicate that there are differences of geography teachers’ ability to plan learning process, implement learning procces and ability in assesment of learning result at Public and Private senior high school in the Metro City school year in academic year 2012-2013.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan perencanaan pembelajaran, (2) kemampuan pelaksanakan pembelajaran, (3) kemampuan penilaian hasil belajar  guru geografi berdasarkan standar proses pada SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Metro Tahun Ajaran 2012-2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi pada SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Metro yang berjumlah 25 orang guru. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample T test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan guru geografi dalam kemampuan perencanakan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan  penilaian hasil belajar guru geografi pada SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Metro Tahun Ajaran 2012-2013.

Kata kunci: geografi, guru, mengajar, profil, standar proses.


Full Text:

PDF

References


Hamid, Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana: Jakarta.

Khalifah. 2009. Menjadi Guru Yang Dirindukan. Ziyad Media: Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v9i1.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR