Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses Pada SMA Di Kota Bandar Lampung
Abstract
This study aims to examine the suitability of geography teachers in implementing 2013 curriculum geography learning at high schools in Bandar Lampung City. This type of research is descriptive research. The population in this study were 66 geography teachers at Pu High Schools in Bandar Lampung City, and the sample of this study was taken by purposive sampling technique. Data collection techniques using interview and documentation and data analysis techniques used are descriptive percentages.The results of this study indicate that the suitability of geography teachers in implementing learning based on Minister of Education and Culture No. 22 of 2016 concerning Education Process Standards is included in the appropriate category. This means that geography teachers at Public and Private High Schools in Bandar Lampung City have been able to carry out learning based on process standards.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran geografi kurikulum 2013 pada SMA Di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 guru geografi pada SMA di Kota Bandar Lampung, dan sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan termasuk dalam kategori sesuai. Hal ini berarti guru geografi pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Bandar Lampung sudah mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan standar proses.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Geografi, Standar Proses
Full Text:
PDFReferences
Bandar Lampung Kota. 2019. Gambaran Umum Kota Bandar Lampung. (https://bandarlampungkota.go.id/new/statis42-gambaran-umum-)
Bintarto. 1977. Pengantar Geografi Kota. Yogyakarta: Spring.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen (2011). Peningkatan Kompetensi Pendagogik Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.
Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Pasal 10 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yasin, A.F. 2011. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal eL-QUDWAH. 1(5): 157-181.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i5.19136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING