Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Pada Tingkat SMP di Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah
Abstract
This study aimed to determine the factors that cause school dropouts at the junior high school level in Kotagajah Sub-district, Central Lampung Region. The research method used was descriptive method and data collection techniques were in the form of questionnaires, observation, and documentation. The population of this study was 70 children dropping out of school at the junior high school level. The sample of this study was 30 school dropouts at the junior high school level along with 30 dropout parents at the junior high school level. The sampling technique used was the area sampling in the largest population area, namely Kotagajah Village and East Kotagajah Village. The data measurement technique used was a quantitative percentage technique.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab anak putus sekolah pada tingkat SMP di Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini ialah 70 anak putus sekolah pada tingkat SMP. Sampel penelitian ini adalah 30 anak putus sekolah pada tingkat SMP beserta orang tua anak putus sekolah pada tingkat SMP yang berjumlah 30 jiwa. Teknik sampel yang digunakan adalah area sampling pada daerah populasi terbanyak yaitu Desa Kotagajah dan Desa Kotagajah Timur. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah teknik kuantitatif persentase.Kata kunci: anak putus sekolah, faktor penyebab, pendidikan dasar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BPS. 2008. Statistik pendidikan 2009. Jakarta: BPS RI.
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pabundu Tika, Moh. 2005. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Research, dan Development. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktek prakteknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Supriyono.2015. Jumlah Anak Ideal Low Leveraged Vs High Leveraged Family. https://imansupriyono.wordpress.com/2015/07/27/berapa-jumlah-anakideal-low-leveraged-vs-high-leveraged-family/ diakses tanggal 17 September 2018.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v8i1.18819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING