Kendala Guru Geografi dalam Memberikan Materi Mitigasi Bencana Alam pada Siswa Kelas XI

Intan Putri Nur Indah Sari, Yarmaidi Yarmaidi, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This study aimed to investigate what geographic teacher constraints in providing material of Natural Disaster Mitigation are, considering this is a new material in geography subject. In this research, the main thing emphasized was the teacher constraints in mastering the material, teacher constraints in applying method and also the instructional media. This study was descriptive qualitative research. This study was conducted at SMA Negeri 1 Tumijajar with geographic teacher class of XI IPS as the main subject. Data collecting technique used in this research were interview and documentation. The result of the study showed that the teacher still found difficulties in mastering the material because there was lack of others literature besides teacher and student handbook. The teacher also found difficulties in using instructional media because there was an assumption that the class would not be conducive, as well as in using media, the teacher was lack of the ability in mastering projector use as a device  to display media visually.

Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja kendala guru Geografi dalam memberikan materi Mitigasi Bencana Alam. Mengingat materi ini merupakan materi baru dalam mata pelajaran Geografi. Dalam penelitian hal yang ditekankan yaitu kendala guru dalam  penguasaan materi, kendala guru dalam pengaplikasian metode dan juga media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripti yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumijajar dengan subyek utama penelitian guru Geografi kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih terkendala dalam penguasaan materi karena kurangnya literature lain selain buku pegangan guru dan siswa. Guru juga masih terkendala dalam menggunakan metode pembelajaran karena menganggap kelas akan jadi tidak kondusif, begitu juga dengan media guru kurang menguasai cara menggunakan proyektor sebagai alat untuk menampilkan media secara visual.

Kata kunci: kendala guru, media pembelajaran, metode pembelajaran



Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i3.17577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR