Analisis Kualitas Air Sumur di Kelurahan Ganjar Agung Kota Metro Tahun 2017

Arizal Tri Setiawan, Sudarmi Sudarmi, I Gede Sugiyanta

Abstract


This research was purposed to determine the quality of dug well water in Ganjar Agung Village. Research method used survey method. The population of this research was dug well around the tofu industry location, and the research sample was the wells that are near, medium and far distance which are obtained using purposive sampling technique. Data collected through survey technique, laboratory test and documentation. Data analysis technique used interactive data analysis. Laboratory test results showed the well water samples taken from dug wells belonging to residents suffered contaminations. Contaminations causedby tofu waste can be seen through physical and chemical parameters. Contaminations can be seen from samples taken at close and medium distances, the average of physical and chemical parameters are exceed the threshold so that required special handling to minimize the impact. Samples that are taken at far distance show result below the threshold and are safe for use by the residents.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur gali yang ada di Kelurahan Ganjar Agung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei.Populasi penelitian ini adalahsumurgali yang ada di sekitarlokasiindustritahu, dan sampel  penelitian ini adalah sumur yang berada pada jarak dekat, sedang dan jauh yang diperoleh menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik survei,uji laboratorium dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa sampel air sumur yang  diambil dari sumur gali milik warga mengalami pencemaran. Pencemaran yang diakibatkan limbah tahu dapat dilihat melalui parameter fisika dan kimia. Pencemaran bisa dilihat dari sampel yang diambil pada jarak dekat dan sedang, rata-rata parameter fisika dan kimia melebihi ambang batas sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan.Sampel yang diambil pada jarak jauh menunjukkan hasil dibawah ambang batas dan aman untuk digunakan oleh warga.

Kata kunci: kualitas air, parameter fisika, parameter kimia


Full Text:

PDF

References


Astuti. 2007. Petunjuk Praktikum Analisis Bahan Biologi. Yogyakarta. Jurdik Biologi FMIPA UNY

Gunarwan Suratmo. 1992. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta. Gajah Mada University Press

Moh, Nazir. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Nurjijanto. 2000. Pencemaran Lingkungan. Bandung. ITB PRESSSugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan.Alfabeta. Bandung.

Philip Kristanto. 2002. Ekologi Industri. Yogyakarta. Andi

Pranoto.1999. Pengelolaan Lingkungan di Perusahaan Tahu (Unit Pengolahan Limbah). UNS. Surakarta.

Ricki M. Mulia. 2005. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta. Graha Ilmu

HB Sutopo. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta. UNS Press

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Alfabeta

Wahyu Arya Wardhana. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta. Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i2.17133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR