Pemahaman Guru Terhadap Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Bandar Lampung

Nurul Fadhilah Tsani, Zulkarnain Zulkarnain, Dedy Miswar

Abstract


This research aims to investigate is there any significant difference the level of the teachers’ understanding of learning outcome evaluation based on Curriculum 2013 with ages, educational levels, and service terms. This research used the quantitative approach. The research population comprised geography teachers at Senior High Schools in Bandar Lampung. The data were collected through a knowledge test. The data were analyzed by means of descriptive statistics using cross tabulation and chi square test. The results shows: (1) There is no significant difference between ages and the level of the teachers’ understanding of learning outcome evaluation based on Curriculum 2013, (2) There is significant difference between educational levels and the level of the teachers’ understanding of learning outcome evaluation based on Curriculum 2013, (3) There is no significant difference between service terms and the level of the teachers’ understanding of learning outcome evaluation based on Curriculum 2013.           

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 dengan umur, tingkat pendidikan, dan masa kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA di Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pengetahuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif dalam bentuk tabulasi silang dan chi kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari usia, (2) Terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari tingkat pendidikan, (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari masa kerja.

Kata kunci : kurikulum 2013, guru geografi, penilaian hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Drajat Suhardjo.2007. Arti Penting Pendidikan Mitgasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. Universitas Islam Indonesia Yoyakarta Press. Yogyakarta

Kunandar.2010.Guru Profesional Implementasi Kurikulum dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.PT Raja Grafindo Persada.Jakarta

Masnur Muslich.2007.Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik.Bumi Aksara.Jakarta

Nanang Martono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali.Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualiitatif dan R&B.Alfabeta.Bandung

_______.2014.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i2.17092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR