Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Internet Dan Perpustakaan Di SMPN 3 Way Pengubuan
Abstract
This study aims to analyze: 1) differences in mean score of IPS learning outcomes by treatment using internet learning resources and libraries, 2) differences in IPS learning gain value with treatment using internet learning resources and library. The study used quasi-experimental methods. Population in this study is all 7th grader student consiting of two classes that is two experiment class. Data analysis is done by t test. The result of research shows that : 1) there is difference of mean score of learning result of IPS using internet learning sources and library, 2) there is difference of IPS learning achievement value with treatment using internet learning source and library.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan nilai rata-rata hasil belajar IPS dengan perlakuan menggunakan sumber belajar internet dan perpustakaan, 2) perbedaan nilai gain hasil belajar IPS dengan perlakuan menggunakan sumber belajar internet dan perpustakaan. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas sisswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yaitu dua kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar IPS menggunakan sumber belajar internet dan perpustakaan, 2) ada perbedaan nilai gain hasil belajar IPS dengan perlakuan menggunakan sumber belajar internet dan perpustakaan.
Kata kunci: hasil belajar, sumber belajar internet, sumber belajar perpustakaan
Full Text:
PDFReferences
Aan Anisah dan Ezi Nur Azizah. 2016. Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP N 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal LOGIKA Vol XVIII, No.3 . Universitas Swadaya Gunung Jati 1-18.Diakses (http://jurnal.unswagati.ac.id)
Ahmad Rohani. 1997. Media ___Instruksional Edukatif. Jakarta: Rienka Cipta
Anjani Grace Karundeng. 2016. Pemanfaatan Layanan Internet Pada Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado Dalam Menunjang Proses Belajar Mahasiswa. Jurnal Acta Diurna Vol V. No. 5. Universitas Katolik De La Salle Manado. 1-6. Diakses (http://ejournal.unsrat.ac.id)
Asri. C. Budiningsih. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rienka Cipta
Dila Farida Nurfajriah dan Miyarso Dwi Ajie.2013. Hubungan Koneksi Wireles Fidelity (WIFI) Dengan Minat Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Korelasional Mengenai Hubungan Koneksi Wireles Fidelity (WIFI) dengan Minat Mahasiswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung ITB). Jurnal EDULIB Vol 3. No.1. Universitas Pendidikan Indonesia. 48-58. Diakses (http://ejournal.upi.edu)
Dody Wahyudi Purnama. 2018. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Pembelajaran Yang Bermutu. Jurnal BIORMATIKAVol 4 No. 1. Universitas Subang 1-10. Diakses(http://ejournal.unsub.ac.id)
Ibrahim Bafadal. (2003). Manajeman ___Perlengkaan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kompri.2014:Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Alfabeta: Bandung
Thobroni.2015. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktek. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Nurhayani. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan Vol 2 No. 11. Universitas Negeri Malang. 1143-1449.Diakses (http://journal.um.ac.id)
Pawit M. Yusuf, Yaya Suhendar.2005Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Kencana Prenada Media Group:Jakarta.
Riska. 2013. Studi Tentang Pengguanaan Internet Oleh Pelajar (Studi Pada Penggunaan Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda. Jurnal Sosiatri-Sosiologi Vol.1 No. 4. Universitas Mulawarman 37-49. Diakses (http://ejournal.sos.fisipunmul.ac.id)
Rediana Setiyani.2010.Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Vol.V No.2. Universitas Negeri Semarang. 117-133 diakses (http://Journal.unnes.ac.id)
Rojak,Abdul.2012.Pengantar Statistika.Jawa Timur:Intermedia
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Sri Tomo dan Yustina Retno Wahyu Utami. 2016. Pengaruh Pemanfataan Internet Terhadap Kegiatan Belajar Siswa SMA di Surakarta. Jurnal SINUS Vol 14. No.1. STMIK Sinar Nuasantara Surakarta. 21-32 diakses (http://p3m.sinus.ac.id)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yudhi Munandi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta: Referensi.
Yulita Wahyu Pratiwi. 2014. Layanan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa SMA N 2 Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Inspirasi Manajemen
Wakijo.2017.Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Promosi Pendidikan UM Metro. Vol.5 No. 1.Universitas Muhamadiyah Metro.115-12.diakses (http://fkip.ummetro.ac.id)
Wasliman, I.2007.Problematika Pendidikan Dasar. Modul.Sps-UPI: Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i1.16721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING