Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Geografi

Feby Lestari, Yarmaidi Yarmaidi, Edy Haryono

Abstract


This research aims to analyze the differentiate between two learning outcomes that came from two different class with two different method. The first method that has been used is make a match and the second one is conventional method. In this research we use a method that called an quasi experiment. The population that we used in this research are the student that include in two classes XI A and XI B. The data collection technically have been done by doing some test, documentation and observation. The result of data collection will be analyze by T-test.  Lastly, the result of this research conclude that there is a differentiate between make and match method that applied in class XI A and the conventional method that applied in class XI B.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  perbedaan hasil belajar siswa kelas XI A yang menggunakan model pmbelajaran make a match dengan hasil belajar siswa kelas XI B yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan siswa kelas XI B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI A yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan hasil belajar siswa kelas XI B yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar geografi, model make a match


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar grafika. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

_____. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta

Rusman. 2012. Model-Model Pem-belajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

_____.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i5.16394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR