Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Make A Match Dan Point Counter Point

Wini Nur Handayani, Sumadi Sumadi, Irma Lusi Nugraheni

Abstract


This research was purposed to see the differences in student learning using cooperative learning model Make A Match and Point Counter Point. This research type is experiment. The research population were the students of Class XI IPS SMAN 1 Talangpadang. Sampling was done by random sampling so that it was found class of XI IPS 4 and XI IPS 1. Data analysis using t test. There is no difference in average learning outcomes early ability of students grade XI IPS SMAN 1 Talangpadang.There is a significant average difference in the learning result using cooperative learning model Make A Match and Point Counter Point type towards students grade XI SMAN 1 Talangpadang. The average learning result using cooperative learning model Make A Match type was higher than the average learning result using cooperative learning model Point Counter Point type.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Point Make A Match dan Point Counter. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talangpadang. Pengambilan sampel dilakukan random sampling sehingga didapati kelas X1 IPS 4 dan Kelas XI IPS 1. Analisis data digunakan dengan menggunakan uji t.Tidak terdapat perbedaan rata- rata hasil belajar kemampuan awal peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Talangpadang. Terdapat perbedaan signifikan rata- rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran koopratif tipe tipe Make A Match dan Point Counter Point terhadap peserta didik kelas XI SMAN 1 Talangpadang. Rata- rata hasil belajar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan rerata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Point Counter Point.

Kata kunci: hasil belajar, make a match, point counter point


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imas, Kurniasih dan Berlin, Salin. 2015. Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru: Jakarta. Kata Pena.

Miftahul Huda. 2013 Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Restu Kartiko. 2010. Asas Metodelogi Penelitian. Surabaya: Graha Ilmu.

Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaiful Sagala 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i4.15696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR