Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMAN 3 Metro

Suhendro Suhendro, Pargito Pargito, Sugeng Widodo

Abstract


The research aimed to know and analyse the difference of learning outcome of geography by demonstration method and lecture method and to know the effect of the demonstration method implementation through the learning outcome. The method used was quasi experimental. The subject of the researsh was the student of grade X IPS of Metro 3 rd senior high school. The research conducted by four times meetings. The object of the research were the implementation of demonstration method dan lecture method and there was an effect of demonstration method implementation through the learning outcome of geography. To the teachers and the prospective teachers are adviced to implement the demonstration method in the class.

Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar geografi metode demonstrasi dan metode ceramah dan mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Metro. Penelitian dilakukan dengan empat kali pertemuan. Objek penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi dan metode ceramah terhadap hasil beajar geografi. Analisis data menggunakan t-test dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar geografi dengan metode demonstrasi dan metode ceramah serta terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar geografi, disarankan kepada guru dan calon guru geografi untuk menerapkan metode demonstrasi di kelas.

Kata Kunci: hasil belajar, metode ceramah, dan metode demonstrasi.


Full Text:

PDF

References


Asri Budiningsih. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Miftahul Huda. 2013. Model - Model Pengajaran dan Pembelajar-an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

M. Thobroni.2015. Belajar & Pem-belajaran - Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar. Ruzz Media

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pem-belajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Sutrisno Hadi. 1987. Analisis Regresi. Yogyakarta: Fakultas Psiko-logi UGM

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i3.15264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR