Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA Taman Siswa Bandar Lampung
Abstract
This study aims to determine the relationship of the use of the Internet as a source of learning geography on student geography learning achievement in Taman Siswa High School Bandar Lampung. The research method is yaitukorelasi with quantitative approach. Data collection is questionnaire and documentation. Data analysis method used descriptive percentage, and inferential statistical analysis with product moment pearson correlation. The results showed that there is a positive and significant relationship between the use of the Internet as a source of learning geography with learning achievement. This is indicated by the correlation coefficient obtained rhitung value of 0.4937, note that rhitung larger than rtabel (0.4937> 0.2609).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan internet sebagai +sumber belajar geografi terhadap prestasi belajar geografi siswa di SMA Taman Siswa Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yaitu korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan deskriptif presentase, dan analisis statistik inferensial dengan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi dengan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang diperoleh nilai rhitung sebesar 0,4937, diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,4937 > 0.2609).
Kata Kunci: pemanfaatan internet, prestasi belajar, sumber belajar
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. 1987. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Aksara. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Harjati. 2008. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i3.15215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING