Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Xaverius
Abstract
This study aims to improve students' activities and learning outcomes on Integrated Social Studies through the use of mind mapping learning method. The method used is classroom action research. The subjects of the study consisted of students of grade VII JHS Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai Central Lampung Regency. This study was conducted with three cycles, each cycle consisted of one meeting. The object of the research is mind mapping method to improve students' learning activities and learning outcomes.The data analysis was done using desribe. The results concluded that mind mapping method could improve students' activities and learning outcomes on integrated social studies, that teachers and prospective teachers of social studies in particular, for once in a while implementing mind mapping the class.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa melalui penggunaan metode pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Objek penelitian adalah metode mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa, disarankan kepada guru dan calon guru IPS untuk sesekali menerapkan metode mind mapping di kelas.
Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan mind mapping
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.
Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kurniasih, Imas & Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta.
Rahman, Muhammad & Amri Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Prestasi Pustakaraya. Bandung.
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sumarmi. 2012. Model-model Pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing. Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i2.15153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING