Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
This research aimed to improve the activity and learning outcome of student by applying cooperative learning model type Course Review Horay on the subject of hydrosphere in geography. This research used Classroom Action Research (CAR) method conducted in 3 cycles. The subjects of the research were the students of grade X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung in the academic year 2016/2017. The object of research is cooperative learning model of Course Review Horay type, activity, and learning result. Data analysis using percentage. The data taken was the result of final test cycle and observation result. The results showed that the students 'learning activity in cycle I was 65% and then increased in cycle II to 75% and in cycle III had reached 90%, while for the students' learning outcomes in cycle I of students who passed was 37.50%, increased in cycle II to 51.51%, and increased again in cycle III to 82.86%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pokok bahasan hidrosfer mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, aktivitas, dan hasil belajar. Analisis data menggunakan persentase. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 65% lalu meningkat pada siklus II menjadi 75% dan pada siklus III sudah mencapai 90%, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas yaitu 37,50%, meningkat di siklus II menjadi 51,51%, dan meningkat kembali di siklus III menjadi 82,86%.
Kata kunci: aktivitas, course review horay, hasil belajar, pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Marteyani, Nyoman. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas VII Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Bandung.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta.
Witantra, Prawindya. 2011. Model Pembelajaran Course Review Horay.http://igkprawindyadwitantra.blogspot.com/2011/09/model pembelajaran-course-review-horay.html. Diakses pada tanggal 20 Februari 2014 Pukul 12:19 WIB.
Yusrin. 2012. Model Pembelajaran. http://yusrinorbyt.blogspot.com /2012/06/modelpembelajaran.html. Diakses pada tanggal 29 Desember 2014 Pukul 20:20 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i1.14949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING