Analisis Soal Ujian Semester Genap Geografi Kelas XI di SMAN 1 Belitang Tahun 2017

Saprama Eric Oktareza, Sumadi Sumadi, Yarmaidi Yarmaidi

Abstract


The purpose this research to analysis test items on Even Semester Examination Geography XI in SMAN 1 Belitang of East OKU Regency in the Year 2017. This study uses descriptive quantitative method. the gathering data with documentation,test and interview. The result of research shows 1) The valid items were 16 or 32% and invalid 34 or 68%. The valid concept were 23 or 46% and invalid 27 or 54%. 2) The indeks reliability 49,64% (enough). 3) The difficulty items 15 items (30%) were easy, 23 items (46%) were moderate, and 12 items (24%) difficult. 4) The distinguish items not good, 23 items (46%) were bad, 14 items (28%) moderate, 9 items (18%) good, 4 items (8%) very bad. 5) Option answer effective were 26 options (52%) and ineffective 24 options (48%). Option Spotting effective were 148 options (74%), and ineffective 52 options (26%).

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis soal Ujian Semester Genap Kelas XI Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Belitang Kabupaten OKU Timur Tahun 2017. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Validitas item kriteria valid 16 soal (32%) dan tidak valid 34 soal (68%). Validitas isi kriteria valid 23 soal (46%) dan tidak valid 27 soal (54%). 2) Indeks reliabilitas 49,64% (cukup). 3) Tingkat kesukaran soal kriteria mudah 15 soal (30%), sedang 23 soal (46%), sukar 12 soal (24%), 4) Daya pembeda soal klasifikasi jelek 23 soal (46%), cukup 14 soal (28%), baik 9 soal (18%), sangat jelek 4 soal (8%). 5) Opsi kunci jawaban efektif 26 opsi (52%) dan tidak efektif 24 opsi (48%). Opsi pengecoh efektif 148 opsi (74%), dan tidak efektif 52 opsi (26%).

Kata Kunci : analisis butir soal geografi, reliabilitas, validitas


Full Text:

PDF

References


Ahmad Dahlan. 2015. Perencanaan, Penyusunan, Pengadministrasian dan Pengelolaan Nilai Tes Pilihan Ganda (Assesmen Evaluasi Pembelajaran).Dalam:http://www biologimu.com/2015/04/perencanan penyusunan.html diakses pada tanggal 1 april 2017 pukul 16.00 WIB

Eddy Soewardi Kartawidjaya. 1987. Pengukuran dan Hasil Evaluasi Belajar. Sinar Baru: Bandung

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Pustaka Pelajar:Yogyakarta

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi pembelajaran. Graha Ilmu:Tangerang

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan ( Edisi Revisi) .Bumi Aksara: Jakarta.

Sumarna Surapranata. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

W.S Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia: Jakarta

Wayan Nurkencana dan PPN Sumartana. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran.Remaja Rosdakarya: Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i1.14948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR