Analisis Soal Ujian Semester Genap Geografi Kelas XI di SMAN 1 Belitang Tahun 2017
Abstract
The purpose this research to analysis test items on Even Semester Examination Geography XI in SMAN 1 Belitang of East OKU Regency in the Year 2017. This study uses descriptive quantitative method. the gathering data with documentation,test and interview. The result of research shows 1) The valid items were 16 or 32% and invalid 34 or 68%. The valid concept were 23 or 46% and invalid 27 or 54%. 2) The indeks reliability 49,64% (enough). 3) The difficulty items 15 items (30%) were easy, 23 items (46%) were moderate, and 12 items (24%) difficult. 4) The distinguish items not good, 23 items (46%) were bad, 14 items (28%) moderate, 9 items (18%) good, 4 items (8%) very bad. 5) Option answer effective were 26 options (52%) and ineffective 24 options (48%). Option Spotting effective were 148 options (74%), and ineffective 52 options (26%).
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis soal Ujian Semester Genap Kelas XI Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Belitang Kabupaten OKU Timur Tahun 2017. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Validitas item kriteria valid 16 soal (32%) dan tidak valid 34 soal (68%). Validitas isi kriteria valid 23 soal (46%) dan tidak valid 27 soal (54%). 2) Indeks reliabilitas 49,64% (cukup). 3) Tingkat kesukaran soal kriteria mudah 15 soal (30%), sedang 23 soal (46%), sukar 12 soal (24%), 4) Daya pembeda soal klasifikasi jelek 23 soal (46%), cukup 14 soal (28%), baik 9 soal (18%), sangat jelek 4 soal (8%). 5) Opsi kunci jawaban efektif 26 opsi (52%) dan tidak efektif 24 opsi (48%). Opsi pengecoh efektif 148 opsi (74%), dan tidak efektif 52 opsi (26%).
Kata Kunci : analisis butir soal geografi, reliabilitas, validitas
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Dahlan. 2015. Perencanaan, Penyusunan, Pengadministrasian dan Pengelolaan Nilai Tes Pilihan Ganda (Assesmen Evaluasi Pembelajaran).Dalam:http://www biologimu.com/2015/04/perencanan penyusunan.html diakses pada tanggal 1 april 2017 pukul 16.00 WIB
Eddy Soewardi Kartawidjaya. 1987. Pengukuran dan Hasil Evaluasi Belajar. Sinar Baru: Bandung
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Pustaka Pelajar:Yogyakarta
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi pembelajaran. Graha Ilmu:Tangerang
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan ( Edisi Revisi) .Bumi Aksara: Jakarta.
Sumarna Surapranata. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
W.S Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia: Jakarta
Wayan Nurkencana dan PPN Sumartana. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya
Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran.Remaja Rosdakarya: Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i1.14948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING