Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Geografi Dengan Prestasi Belajar Siswa
Abstract
This research will be purpose to understanding the relations between a students perception about the competency of professional geography teachers with learning achievements geography students class XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung years 2015/2016. This research using a descriptive method. The populations in this research are all of the students SMA Al-Azhar 3 class XI IPS which totaled 121 students with sample 36 students taken by using technique professional random sampling. Data collection techniques using a questionnaire and documentation. Data analysis technique to testing the hypotheses using correlation product moment. The results of this research showed that there was a positive correlation and significant between the student perception about competency professional geography teachers in mastering the lessons material, managing program of study, managing the class, media of teaching learning, assessing geography lessons the student with student learning achievements class XI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru geografi dengan prestasi belajar geografi Siswa Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Seluruh siswa SMA Al-Azhar 3 kelas IX IPS yang berjumlah 121 siswa dengan sampel 36 siswa diambil menggunakan teknik Profesional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif erat dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru geografi dalam menguasai bahan pelajaran, mengelola program pembelajaran, mengelola kelas, media belajar mengajar, menilai hasil pembelajaran siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI.
Kata kunci : kompetensi profesional, persepsi, prestasi
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2005. Undang-Undang Guru Dan Dosen UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka,Cipta. Jakarta.
Kunandar, 2011.Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Jakarta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i4.14494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING