Studi Geografis Usaha Air Mineral Mawaddah Di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara Tahun 2017
Abstract
This study aimed to describe the study the geography of bussiness of mineral water mawaddah in Village Banjarsari the district, Metro Utara in 2017. The emphasis was on the availability of water resources, water treatment, capital, labor, and marketing system. This research used descriptive method. The data were collected by observational data and structured interviews. Data analysis used qualitative descriptive analysis technique. The result of the research indicates that the water source needed by mawaddah mineral water industry is by making a well drill with a depth of 80 Meters. The method of water management was done through filtering, so nothing is done by hand, but through the pipes that go directly to the final result of mineral water packaging. As long as capital used is their own capital, labor as many as 17 people. The marketing system was done with distributors through warehouses and then distributed with the system directly to the consumer.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi geografi usaha air mineral mawaddah di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara tahun 2017. Titik tekan kajiannya pada ketersediaaan sumber air, cara pengolahan air, modal, tenaga kerja, dan sistem pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber mata air yang diperlukan industri air mineral Mawaddah adalah dengan membuat sumur bor dengan kedalaman 80 meter. Cara pengelolaan air yang dilakukan melalui filterisasi, sehingga tidak ada yang dilakukan melalui tangan, akan tetapi melalui pipa-pipa yang langsung menuju pada hasil akhir yaitu pengemasan air mineral. Asal modal yang digunakan adalah modal sendiri, Tenaga kerja sebanyak 17 orang. Sistem pemasaran dilakukan dengan distributor melalui gudang kemudian distribusi dengan sistem secara langsung ke konsumen.
Kata kunci : air mineral, mawaddah, usaha
Full Text:
PDFReferences
Amirullah. 2005. Pengantar Bisnis. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Bintarto, R.1977. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES.
Djojodipuro, Marsudi. 1999. Teori Lokasi. Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta
Haryono. 2004. Pengantar Geomorfologi dan Hidrologi Karst. Yogyakarta: UGM
Kartasapoetra. R.G. 1987. Pembentukan Perusahaan Industri. Bina Aksara. Jakarta.
Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan. Surakarta: Yudhistira Metro Dalam Angka
Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Penerbit Alfabeta: Bandung. .
Sumadi Suryabrata, 2000. Metode Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i2.13787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING