Hubungan Pemahaman Belajar Geografi Dengan Kepedulian Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas XI IPS

Eka Novella Dewi, Pargito Pargito, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This study aims to describe the corelations of understanding of geography learning with environmental awareness in class XI IPS students in MAN 1 Bandar Lampung Lesson 2016/2017. This research uses ex post facto method with data collection technique through observation and questionnaire. The population in this study is all students of class XI IPS in MAN 1 Bandar Lampung Lesson 2016/2017 which amounted to 124 people. Sampling using proportional random sampling technique obtained 31 learners as sample. The data analysis used is serial correlation as the basis of interpretation and description in this research. Based on the data analysis that has been done the research results show that there is a positive relationship and significant understanding of geography learning with environmental awareness of the learners, means the better understanding of learning geography, the environmental awareness of learners the higher.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pemahaman belajar geografi dengan kepedulian lingkungan pada peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah sebanyak 124 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling diperoleh 31 peserta didik sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah korelasi serial sebagai dasar interpretasi dan deskripsi dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan pemahaman belajar geografi dengan kepedulian lingkungan pada peserta didik, berarti semakin baik pemahaman belajar geografi, maka kepedulian lingkungan peserta didik semakin tinggi

Kata kunci: kepedulian lingkungan, pemahaman belajar geografi, dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 1999. Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Notoatmodjo Soekidjo. 1996. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Punaji Setyosari. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Mudia Group. Jakarta.

Sonny keraf. 2006. Etika Lingkungan. Penerbit Buku Kompas. Jakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i1.13677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR