PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG JURUSAN DI SMA/MA
Abstract
This research aimed to know the students learning motivation and learning achievement difference based on highschool majors social science and natural science. This research used quantitative method. The population in this research was students of Geography Education Study Program Social Science Majors Faculty of Teaching and Education University of Lampung academic year 2012. The sample of this research were 82 students academic year 2012 chosen by purposive sampling technique. The data was collected using questionnaire and documentation. The data analysis technique used in this research was chi square analysis. Result of the research showed that 1) there was no difference learning motivation based on higschool majors between social science and natural science 2) there was no difference learning achievement based on higschool majors between social science and natural science.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan perbedaan prestasi belajar mahasiswa, berdasarkan latar belakang jurusan pada saat SMA/MA IPS dan IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lampung angkatan 2012. Sampel penelitian adalah 82 mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2012 yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis chi kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukan 1) tidak ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang jurusan SMA/MA IPS dan IPA 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang jurusan SMA/MA IPS dan IPA.
Kata kunci: jurusan, motivasi belajar, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
________, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudjiman, Haris. 2011. BelajarMandiri :Pembekalan dan Penerapannya. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sofyandi, Herman dan Iwa Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i1.13463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING