PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This research was aimed to find out (1) The difference between students' study result that used cooperative learning model of make a match type and students' study result that used conventional learning model, (2) The effect of using cooperative learning model activities of make a match type on the students' learning achievement. This research used quasi experiment method. The populations of this research were the students of class VII 3 and class VII 4. Analysis data techniques that used in this research were t-test and analysis of simple linear regresion. The result showed (1) There was a difference between students' study result that used cooperative learning model of make a match type and students' result study that used conventional learning model, (2) There was an effect of using cooperative learning model activities of make a match type on the students' learning achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode eskperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 dan kelas VII 4. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian (1) ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci:pembelajaran kooperatif, model make a match, hasil belajar ips geografi
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung; Pustaka Setia
Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta; Kencana Prenada Media Group,
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung; Alfabeta.
Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.
Surakhmad, Winarno. 2000. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung; Tarsito.
Susanto, Ahmad. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta; Kencana.
Syah, Muhibin . 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i3.11338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING