PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR

Lega Marisa, Sumadi Sumadi, Edy Haryono

Abstract


This research was aimed to find out (1) The difference between students' study result that used cooperative learning model of make a match type and students' study result that used conventional learning model, (2) The effect of using cooperative learning model activities of make a match type on the students' learning achievement. This research used quasi experiment method. The populations of this research were the students of class VII 3 and class VII 4. Analysis data techniques that used in this research were t-test and analysis of simple linear regresion. The result showed (1) There was a difference between students' study result that used cooperative learning model of make a match type and students' result study that used conventional learning model, (2) There was an effect of using cooperative learning model activities of make a match type on the students' learning achievement.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode eskperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 dan kelas VII 4. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian (1) ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci:pembelajaran kooperatif, model make a match, hasil belajar ips geografi


Full Text:

PDF

References


Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung; Pustaka Setia

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta; Kencana Prenada Media Group,

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung; Alfabeta.

Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. 2000. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung; Tarsito.

Susanto, Ahmad. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta; Kencana.

Syah, Muhibin . 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i3.11338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR