PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Abstract
The purposes of this research were to know (1) the difference of the student learning results in experiment and control class (2) the influence of the project based learning model to study results. The research used quasi experiment method and posttest-only control design. Population in this research were the entire class XI IPS with the sample class XI IPS 3 and XI IPS 4 determined by purposive sampling technique. Data collected used test and documentation technique. The hypothesis used t-test and One Way ANOVA test. Result of this research indicated that (1) there is a significant difference on the students learning where students study results who were given model project based learning treatment were higher than students who were given conventional treatment, (2) there is an influence of project based learning model towards geography learning of student learning.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui(1) perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dan (2) pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS dengan sampel kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan signifikan hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model project based learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model konvensional, (2) ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Kata kunci: geografi, hasil belajar, project based learning
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cawi, I Wayan, Dkk. 2014. Vol.4. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Menggambar Layout Dengan Kovariabel Kecerdasan Spasial Dan Kecerdasan Logis Matematis. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. (Jurnal)
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ngalimun. 2013. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sagala, Syaiful. 2010. Suspensi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subagia, I Wayan dkk. Vol.4. No.1. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Bali: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (Jurnal)
Sumarmi. 2012. Model-model pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i6.10445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING