PENGARUH KETERAMPILAN PENGGUNAAN MEDIA TIK TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
This research aimed to describe the influence of the skills in using ICT-based media of tutorial to students achievement of physics.This study was conducted in an experimental class of SMAN 3 Bandar Lampung, namely, class X IPA 4 consisting of 32 students. The sampling technique in this study used simple random sampling. It included six steps, they were validity and reliability, the learning process, post-test, analysis test by using normality test, linearity, and a simple linear regression test from the data obtained. The contribution of skills in using ICT-based media of tutorial to students achievement had the score of 76.40%. The effect model was in the form of linear regression-typed with the equation of Y = 29.61 + 0.66X. Based on the results, it can be concluded that there was linear and significant influence of skills in using ICT-based media of tutorial to students achievement of physics.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan penggunaan media TIK tutorial terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen di SMAN 3 Bandar Lampung yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini meliputi beberapa tahapan yaitu uji validitas dan reliabilitas, proses pembelajaran, postest, uji analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana dari data yang diperoleh. Kontribusi keterampilan penggunaan media TIK tutorial terhadap hasil belajar sebesar 76,40%. Model pengaruh berupa regresi linear mengikuti persamaan Y = 29,61 + 0,66X. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh linear dan signifikan keterampilan penggunaan media TIK tutorial terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: hasil belajar, media TIK, tutorial
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fransius, Jeli. 2013. Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Tehadap Penigkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (Online).(http://repository.upi.edu/675/2/s_pgsd_0805466_chapter5.pdf. diakses 27 Mei 2015).
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnam, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purnomo, Dian. 2014. Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Tutorial Sebagai Komplemen Eksperimen pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 2 No 4. (Online). (http://jurnal.fkip.unila. ac.id. diakses 27 Mei 2015).
Rahmayani, Mulia. 2011. Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.(Online).(http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3633/1/mulia20rahmayani-fi tk.pdf. diakses 27 mei 2015).
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawal Pers.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengembangan Penilaian Perangkat Psikomotor. (Online). (https://akhmadsudrajat.files. wordpress.com/2008/08/penilaianpsikomotor. pdf. diakses 07 November 2014).
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.