PENGEMBANGAN LKS FLUIDA STATIS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Bertha Dwi Utami Tauva Pabata, Nengah Maharta, Chandra Ertikanto

Abstract


This study aimed to develop aninquiry-based student worksheet of physics, to determine the attractiveness, easiness, and benefit of the product and to examine the effectiveness of the product. The development included potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, utility trial, product revision, and printed manufacturing the product. The result of product development was the inquiry-based student worksheet of physics. It was tried out to students grade XI-2 SMAN 15 Bandar Lampung. The trial of product showed that the student worksheet had the attractiveness score of 3.30, the easiness score of 3.28, and the benefit score of 3.36 which means that it was very good and effective to be used as learning resource.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar kerja siswa fisika berbasis inkuiri, mengetahui kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk serta mengetahui efektivitas produk. Pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan pembuatan produk cetak. Hasil pengembangan produk adalah lembar kerja siswa fisika berbasis inkuiri. Hasil uji coba pemakaian produk dilakukan kepada siswa kelas XI IPA-2 SMAN 15 Bandar Lampung. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa lembar kerja siswa untuk skor kemenarikan 3,30, untuk skor kemudahan 3,28, untuk skor kemanfaatan 3,36 yang berarti sangat baik, dan efektif digunakan sebagai sumber belajar.

Kata kunci: inkuiri, LKS, pengembangan.


Full Text:

PDF

References


Emzir, M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hanafiah, Nana dan Suhana, Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia Permata.

Mudjiono dan Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prambudi, Shoim. 2010. Bisik-bisik Tetangga Strategi Pembelajaran Inkuiri. (Online) tersedia di: http://shoimprambudi.wordpress.com/. Diakses pada tanggal 19 November 2014.

Rohaeti, Eli Widjajanti dan E. Padmaningrum, Tutik Regina. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan, vol 10. No 1. Mei 2009.

Rusdi, Andi. 2010. Perangkat Pembelajaran. (Online) tersedia di:www.Wordpress.com:http://anrusmath.wordpress.com. Diakses pada tanggal 2 April 2012.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.