PENGEMBANGAN LKS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Rara Novita, Agus Suyatna, Chandra Ertikanto

Abstract


Students worksheet used in the school is still focusing to measure knowledge or material concept comprehension. Meanwhile, skills are not completely developed yet. This condition leads to develop of students worksheet with scientific approach to increase students creative thinking skills. This development research aimed to (1) produce students worksheets, (2) know of the interest and easy of students worksheet, and (3) know of effectivity of the students worksheet in terms of outcomes increase creative thinking skills. Research steps started from need analysis, identification of resources, identification of product specifications, product development, internal testing, external testing, and production. Results of this research were (1) students worksheets of creative thinking skills development result;(2) the attractiveness and easy of students worksheet categorized as very attractive and easy to use with each value of 3.37 and 3.11 ;(3) the effectifity of students worksheet 79,41% of the students completed the KKM.

Lembar kerja siswa yang digunakan di sekolah pada umumnya masih menekankan dalam aspek pengetahuan atau penguasaan konsep materi saja, sedangkan aspek keterampilan belum sepenuhnya dikembangkan. Kondisi ini yang melatarbelakangi untuk melakukan pengembangan LKS dengan scientific approach untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk LKS; (2) mengetahui kemenarikan dan kemudahan LKS serta (3) mengetahui efektifitas LKS ditinjau dari hasil peningkatan keterampilan berpikir kreatifnya. Tahap pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS hasil pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) kemenarikan dan kemudahan LKS dikategorikan sangat menarik dan mudah digunakan dengan masing-masing nilai 3,37 dan 3,11; (3) LKS efektif dengan 79,41% siswa tuntas terhadap KKM.

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, LKS, scientific approach.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herdian. 2010. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. (Online). (http://herdy07.wordpress.com-/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/. diakses 02 Desember 2014).

Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. (Online). (http://digilib. sunanampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud9908. diakses 02 Desember 2014).

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Powerpoint. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

McBride, JW. 2004. Using an Inquiry Approach to Teach Science to Secondary School Science Teachers. Journal Paedagogy. (online). (http://phys205. physics.tamu.edu/WebPageDocuments/ArticleUsingInquiry.pdf. diakses 19 Mei 2015).

Permana, A. 2013. Pengembangan LKS Model Inquiri Terbimbing Materi Pokok Optika. Journal Paedagogy Vol.1 No. 5 (online). (http://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1671/1011. diakses 09 Juni 2015).

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahmat. 2013. Mendalami Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. (online). (http:// gurupembaharu.com/home/mendalami-penerapan-pendekatan-ilmiahdalam-pembelajaran/. diakses 31Maret 2014).

Suyanto, E. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Se-minar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.