PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI FLUIDA STATIS DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING

Rizki Mirantika, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This research aimed to develop physics learning module with guided inquiry strategy on static fluid material and describe the attractiveness, easiness, the benefit of using products, and the effectiveness of the product. The development were included the analysis of the needs, learning goals, main material, evaluation instruments, first product, evaluation, revision, product test, and final product. The final product had been valid in attractiveness aspect with very attractive classification, the easiness aspect had been very easy. Beside that, in the benefit aspect the final product had been very useful. The effectiveness of learning module with guided inquiry strategy statis fluid material that was as much as 78.00% had reached KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi fluida statis serta mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk. Pengembangan tersebut meliputi analisis kebutuhan, tujuan pembelajaran, pokok materi, alat ukur keberhasilan, produk awal, evaluasi,revisi, uji coba produk, dan produk final. Produk akhir sudah valid dalam aspek kemenarikan dengan klasifikasi sangat menarik, aspek kemudahan sudah sangat mudah digunakan. Selain itu, dalam aspek kemanfaatan produk akhir sudah sangat bermanfaat. Tingkat keefektifan modul pembelajaran dengan strategi inkuiri terbimbing materi fluida statis yaitu sebanyak 78,00% telah mencapai KKM.

Kata kunci: fluida statis, inkuiri terbimbing, modul

Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Prambudi, Shoim. 2010. Bisik-bisik Tetangga Strategi Pembelajaran Inkuiri.(Online).(http://shoimprambudi.wordpress.com/. Diakses 06 Juni 2015).

Purwanti, Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. (Online). (repository.upi.edu/1432/3/S_PGSD_0903876_Table_of_Content.pdf.diakses 6 Juni 2015).

Purwanto, Rahardjo, Lasmono. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas. (Online). (http://eprints.uny.ac.id.Diakses 10 Mei 2014).

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sihombing, Desmaria Kristin. 2015. Pengembangan modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8121/4921. diakses 6 Juni 2015)

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni. 2013. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada PokokBahasan Kalor untuk Sma/Ma Kelas X. Jurnal. (Online).(http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains/article/download/4647.diakses 25Januari 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.